Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan pemilik usaha mandiri wisata Air Terjun Cughup Elmbun Kota Pagaralam dalam kemampuanmengkomunikasikan tujuan yang dapat menarik perhatiankaryawan. Metode pengabdian menggunakan kualitatifdeskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakanteknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi subjek, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Hasil dari pengabdian ini adalah dalam mengkomunikasikan tujuan untuk dapat menarik perhatian karyawan, pemilik usaha mandiri wisata Air Terjun Cughup Embun Kota Pagaralam ini memiliki tujuan utama dalam menjalankanusaha ini yaitu dijadikan sebagai lapangan pekerjaan hal ini dilakukan untuk dapat membantu menambahpemasukan, cara yang dilakukan dalam menyampaikanadalah dengan cara yang sederhana yaitu denganmenggunakan bahasa sehari-hari untuk lebih mudahdipahami, selain itu ada langkah-langkah konkret yang dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut yaitu denganmenyediahkan fasilitas-fasilitas sepelrti WC umum, tempat parkir, warung, akses jalan yang baik untukmenuju ke wisata Air Terjun Cughup Embun dan gazebo yang dapat dijadikan tempat untuk beristirahat. Untuk indikator yang digunakan dalam menilai pencapainyatujuan adalah dengan dilihat seberapa banyak jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Cughup Embun Kota Pagaralam.
Keywords
Article Details
Copyright @2022. This is an open-access article distributed under Journal of Community Empowerment