Journal Description
Journal of Community Empowerment is a community service journal managed by the Bachelor of Non-Formal Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Bengkulu, which contains scientific articles from various disciplines, adopted in various community service activities.
Articles published in this Journal of Community Empowerment include original scientific research results, new scientific review articles, or comments and criticisms of writings or in other scientific periodicals.
Journal of Community Empowerment accepts manuscripts or articles of community service results, covering relevant scientific fields. Such fields: SCIENCE, Technology, Social Humanities. Journal of Community Empowerment can be accessed and downloaded for academic purposes and scientific practice as the implementation of the Tri Dharma of Higher Education.
E-ISSN: 2986-6634
INDEXING
Plagiarism Checker
Current Issue
Vol. 3 No. 2 (2025): Penguatan Kapasitas dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan, Literasi Digital, dan Inovasi Berbasis Pendidikan
Edisi terbaru Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2 Tahun 2025 yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu terbit dengan menghadirkan kumpulan artikel pengabdian kepada masyarakat bertema Pemberdayaan Komunitas melalui Pelatihan, Literasi Digital, dan Inovasi Pendidikan di Era Transformasi Teknologi. Penulis pada edisi ini berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Bengkulu, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Serang Raya, dan Universitas Negeri Jakarta. Seluruh artikel menyoroti upaya peningkatan kapasitas masyarakat, guru, remaja, dan keluarga melalui pelatihan, penguatan literasi, serta pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal dan teknologi. Beberapa artikel dalam edisi ini menekankan pentingnya peningkatan kompetensi pendidik melalui pemanfaatan teknologi dan model pembelajaran inovatif. Misalnya, artikel Pelatihan Penyusunan Media Pembelajaran Interaktif Memanfaatkan Teknologi AI untuk Dewan Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Kepahiang serta Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Pedagogi Genre Berbasis Deep Learning bagi MGMP Bahasa Indonesia tingkat SMP. Selain itu, penguatan profesionalisme guru juga ditampilkan melalui artikel Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SMP di Kota Bengkulu melalui Penulisan Artikel pada Jurnal Bereputasi Nasional.
Edisi ini juga memuat artikel yang mengangkat penguatan kapasitas ekonomi masyarakat dan keluarga. Pemberdayaan perempuan menjadi fokus pada artikel Pelatihan Pembuatan Sabun Mandi Berbasis Pendekatan Reduce dan Zero Waste di Desa Padang Pelawi serta inovasi olahan ikan Selengkek di Desa Pasar Pedati sebagai strategi peningkatan ekonomi keluarga. Upaya pengembangan jiwa wirausaha bagi generasi muda turut disorot melalui artikel Next Gen Mandiri: Pelatihan Wirausaha bagi Remaja Putus Sekolah di Desa Polohungo, Kabupaten Boalemo.
Dalam bidang literasi dan teknologi, beberapa artikel memberikan kontribusi pada peningkatan kecakapan digital masyarakat, seperti Edukasi Cakap Digital sebagai Upaya Pencegahan Cyberbullying pada Siswa Remaja di Kota Serang, serta Pelatihan Penyusunan Curriculum Vitae untuk mendukung keterampilan kerja peserta didik Paket C. Selain itu, pemberdayaan peserta didik dan masyarakat dalam pengembangan kreativitas juga tampak dalam artikel Pelatihan Meronce di SKB 11 Manggarai yang menekankan penguatan kemandirian dan keterampilan kewirausahaan.
Published: November 30, 2025









