Journal Description
Journal of Community Empowerment (JCOM) is a community service journal managed by the Bachelor of Non-Formal Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Bengkulu, which contains scientific articles from various disciplines, adopted in various community service activities.
Articles published in JCOM include original scientific research results, new scientific review articles, or comments and criticisms of writings or in other scientific periodicals.
JCOM accepts manuscripts or articles of community service results, covering relevant scientific fields. Such fields: SCIENCE, Technology, Social Humanities. JCOM can be accessed and downloaded for academic purposes and scientific practice as the implementation of the Tri Dharma of Higher Education.
E-ISSN: 2986-6634
Current Issue
Vol. 2 No. 2 (2024): Transformasi Pendidikan dan Pemberdayaan Berbasis Komunitas untuk Masyarakat yang Inklusif dan Berdaya Saing
Edisi terbaru Jurnal Journal of Community Empowerment Volume 2 No 2 Tahun 2024 yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu terbit pada tanggal 20 Oktober 2024 menghadirkan berbagai artikel yang berfokus pada pengabdian kepada masyarakat. Penulis berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti, IKIP Siliwangi, Universitas Bengkulu, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Negeri Jakarta. Tidak hanya itu praktisi pendidikan dari Satuan Pendidikan Nonformal -SKB Kabupaten Bengkulu Tengah ikut andil dalam pengembangan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat. Artikel-artikel ini mencerminkan inovasi dan kolaborasi dalam mendukung pengembangan kapasitas masyarakat di berbagai bidang. Beberapa artikel menyoroti pentingnya pendidikan berbasis keluarga, seperti Pelatihan Pengembangan Konsep Diri bagi Remaja di Lingkungan Keluarga dan Pendampingan Keluarga dalam Program Parenting Education Terintegrasi Literasi Perubahan Iklim Berbasis "Bantal Guling Bercerita" di SPNF-SKB Kota Bengkulu untuk Masyarakat Pesisir Desa Kuala Lempuing.
Edisi ini juga menampilkan upaya meningkatkan kompetensi guru melalui teknologi dan pendekatan pembelajaran modern, seperti Pelatihan Penyusunan Presentasi Materi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dan TPACK bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang dan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Pengembangan Media Pembelajaran pada Dewan Guru Bahasa Indonesia di Lintang Empat Lawang.
Di bidang budaya dan literasi, beberapa artikel menggambarkan pentingnya pelestarian budaya dan penguatan keterampilan masyarakat, seperti Pelatihan Keterampilan Pembuatan Batik Jumputan dalam Upaya Pelestarian Budaya bagi Masyarakat Desa Tanjung Atap Kabupaten Ogan Ilir serta Literasi Keuangan sebagai Perencanaan Keuangan Hari Tua pada Masyarakat di Desa Bulak.
Artikel lainnya mengangkat isu pendidikan seksualitas dan pengembangan instrumen literasi numerasi, seperti Penyuluhan Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini dan Pendampingan Guru Matematika SMPN 6 Kota Bengkulu dalam Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis HOTS Berbantuan Aplikasi Quizizz.
Beragamnya topik dalam edisi ini mencerminkan komitmen Program Studi Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu dalam memajukan pendidikan dan memberdayakan masyarakat melalui pendekatan berbasis kebutuhan lokal dan inovasi pembelajaran
Published: October 20, 2024