Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak intervensi psikososial bagi orang tua di PKBM Mutiara Bintang Kota Bengkulu dalam mendukung pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian aksi (action research) yang melibatkan tahapan identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebanyak 15 orang tua partisipan dilibatkan, dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang bervariasi. Intervensi yang diberikan mencakup pengelolaan emosi, komunikasi efektif, dan peran orang tua dalam pendidikan nonformal, menggunakan pendekatan partisipatif melalui simulasi dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam beberapa indikator utama. Kemampuan orang tua dalam mengelola emosi meningkat dari 40% sebelum intervensi menjadi 80% setelahnya. Tingkat keterlibatan mereka dalam mendukung pendidikan anak meningkat dari 30% menjadi 70%. Selain itu, kesejahteraan psikososial orang tua, yang diukur melalui skor rata-rata skala Likert, meningkat dari 2,8 menjadi 4,2. Data ini diperoleh melalui triangulasi antara kuesioner, wawancara, dan observasi partisipatif selama pelaksanaan program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa intervensi psikososial efektif dalam meningkatkan keterampilan emosional, keterlibatan pendidikan, dan kesejahteraan psikososial orang tua. Model ini diharapkan dapat diterapkan secara lebih luas untuk mendukung pendidikan di komunitas marginal lainnya.

Keywords

Intervensi Orangtua Psikososial

Article Details