Main Article Content

Abstract

Pelatihan pembuatan Curriculum Vitae (CV) merupakan bagian dari strategi penguatan keterampilan kerja peserta didik Paket C di SKB Negeri 22 Jakarta Timur. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta dalam menyusun dokumen lamaran kerja, serta belum tersedianya program pembelajaran kontekstual yang mendukung kesiapan kerja secara langsung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun CV secara mandiri dan profesional. Metode pelatihan menggunakan pendekatan andragogi melalui ceramah interaktif, diskusi, studi kasus, praktik langsung, dan coaching individual. Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi dengan total 13 peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari pre-test sebesar 84,61% menjadi 93,08% pada post-test. Seluruh peserta berhasil menyusun CV yang sesuai dengan struktur dan isi yang tepat. Selain itu, pelatihan mendorong refleksi diri peserta terhadap pengalaman hidup mereka sebagai potensi yang dapat dikembangkan. Pelatihan ini terbukti efektif dalam menumbuhkan keterampilan praktis, kepercayaan diri, serta kesadaran karier peserta didik kesetaraan. Dengan demikian, pelatihan pembuatan CV dapat menjadi model penguatan program pendidikan nonformal yang kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Keywords

Pendidikan Nonformal program kesetaraan penyusunan curriculum vitae keterampilan kerja pembelajaran orang dewasa

Article Details