Main Article Content

Abstract

This research aimed to describe the application of TPR method in improving understanding meaning and speaking skill and to describe the effectiveness of the application of TPR in improving student speaking skill in English subjects in class VII at SMPN 13 Bengkulu City. The method of research is used classroom action research and quasi-experiment. The subjects of class action research (CAR) are students of class VII A even semester in 2021/2022 at SMPN 13 Bengkulu City. The number of students in the CAR class is 25 people, the experimental class of VII B class is 25 people and the control class of VII C class is 25 students. The data collection method is using observation and tests, data analysis using the average score and t-test. The results showed that the application of the Total Physical Response (TPR) method can improve understanding meaning and speaking skill significantly that showed t count 5,30 > t table 2,064 then total physical response method can improve effectiveness of student speaking skill outcomes in the subject of English for class VII SMPN 13 Bengkulu City.

Keywords

total physical response L2 speaking understanding meaning

Article Details

How to Cite
Alexon, Kurniah, N., & Pardianson, N. (2022). Applying the total physical response (TPR) method to hone EFL students’ speaking skills. JOALL (Journal of Applied Linguistics and Literature), 7(2), 489–504. https://doi.org/10.33369/joall.v7i2.21758

References

  1. Anita, et al. 2016.Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TPR).Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3 No 1 Maret 2016
  2. Arifin, Zainal. 2013.Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
  3. Arikunto, S .2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineke Cipta
  4. Arikunto, S. 2012. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  5. Ariska, A.R. .2020.Efektivitas Metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan Perbendaharaan Kosa kata Bahasa Arab Pada Maharah Qira`ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida`iyah.Jurnal Pendidikan Vol 4 tahun 2020.
  6. Ikhwati Azhari dan Megawati Erna. 2018.Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) dalam pengajaran Bahasa Inggris.Jurnal Pendidikan Deiksis Vol 10 No 01 Januari 2018
  7. Chasanah, Rodifatul.2014.Total Physical Response (TPR) Untuk Meningkatkan Teknik Maharah Al-Kalam Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 7 No 1 Juli – Desember 2014
  8. Dahar,Ratna Wilis.2006.Teori-teori Belajar & Pembelajaran.Jakarta:PT.Gelora Aksara Pratama
  9. Fauzan Ahmad. 2021.Penerapan Metode TPR Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SDN 2 Arjasari.Jurnal Sinau Vol 7 No 2 Oktober 2021
  10. Fauzia. 2016. Metode TPR Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahap Awal Berbahasa Inggris Pada Anak-anak.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol.9 No 1 Maret 2016
  11. Gani Saida dan Arsyad Berti.2018.Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa.Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 07 No 1 Juni 2018
  12. Ghozali Dikri Dirwatul dan Khoiriyatunnisa Luthfia.2021.Analisis Morfo Semantik Penggunaan Istilah Bahasa Arab Dalam Jejaring Sosial Instagram.Kalamuna Vol 2 No 01 Januari 2021
  13. Halida. 2011.Metode Bermain Peran Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 Tahun).Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol.9 No 01 Maret 2011
  14. Hendawati Yuyu dan Kurniati Cucu.2017.Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfaatannya.Jurnal Pendidikan Vol.10 No 01 Januari 2017
  15. Heriyanti,dkk.2017.Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas X8 SMA Negeri 2 Watampone.Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 6 No 2 2017
  16. Hilaliyah.2017.Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini.Depok:Rajawali Pers
  17. Ikhwati Azhari dan Megawati Erna.2018.Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris.Deiksis Vol 10 No 01 Januari 2018
  18. Karyati,Alo.2019.Metode Pengajaran TPR Dalam Pembelajaran Mata Kuliah tata Bahasa/bunpou.Tersedia Online :https://journal.unpak.ac.id diakses pada tanggal 18 Desember 2021
  19. Maharani,dkk.2013.Upaya Meningkatkan Pemahaman makna Dengan Thinks Pair Share Pada Siswa Kelas VII SMPN 12 Ilir Tetap Kabupaten Musi Rawas Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Kependidikan Vol 1 No 24 Juni 2013
  20. Mahmudah,dkk.2018.Upaya Meningkatkan Pemahaman makna Dengan Teknik RCG Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 02 November 2017.
  21. Parrera.J.D.2004.Teori Semantik Edisi Kedua.Jakarta:Erlangga
  22. Pardoyino.2009.Pasti Bisa Teaching Genre Based Speaking.Yogyakarta:Andi
  23. Ratminingsih,Ni Made.2017.Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris.Depok:PT.Rajagrafindo Persada
  24. Rachmawati Umi dan Madya Suwarsih.2014.Pengembangan Webquest Sebagai Media Instruksional Membaca Siswa SMA Negeri 1 Muntilan.Jurnal Kependidikan Vol 44 No 1 Mei 2014
  25. Sani,Ridwan Abdullah.2013.Inovasi Pembelajaran.Jakarta:PT.Bumi Aksara
  26. Sudjana, Nana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
  27. Sugiyono.2019.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif,Kualitatif,dan R&D.Bandung:Alfabeta
  28. Susanthi,I.G.A Agung Dian.2021.Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya.Jurnal Linguistic Community Service Vol 1No 2 2021
  29. Tarigan,Henry.G.2015.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa
  30. Tarigan,Henry.G.2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung :Angkasa
  31. Wahyuni,Sri.2015.Pengaruh Bahasa Pertama Terhadap Bahasa Kedua Dalam Kemampuan Berbicara Untuk Siswa Kelas IX Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam-U.Jurnal Kependidikan Vol VI Nomor 2 Juli-Desember 2015
  32. Widodo.2006.Taksonomi Tujuan Pembelajaran Edisi Kedua.Tersedia Online:https//Journal.upi.ac.id diakses pada tanggal 21 Januari 2022
  33. Yusrawita,Heppi Diana.2016.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Pemahaman makna Pada Anak TK Negeri Pembina Manna.Thesis,Program Pasca Sarjana Universitas Bengkulu.