Main Article Content
Abstract
This research aimed to describe the application of TPR method in improving understanding meaning and speaking skill and to describe the effectiveness of the application of TPR in improving student speaking skill in English subjects in class VII at SMPN 13 Bengkulu City. The method of research is used classroom action research and quasi-experiment. The subjects of class action research (CAR) are students of class VII A even semester in 2021/2022 at SMPN 13 Bengkulu City. The number of students in the CAR class is 25 people, the experimental class of VII B class is 25 people and the control class of VII C class is 25 students. The data collection method is using observation and tests, data analysis using the average score and t-test. The results showed that the application of the Total Physical Response (TPR) method can improve understanding meaning and speaking skill significantly that showed t count 5,30 > t table 2,064 then total physical response method can improve effectiveness of student speaking skill outcomes in the subject of English for class VII SMPN 13 Bengkulu City.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Alexon, Nina Kurniah, Nopri Pardianson

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anita, et al. 2016.Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TPR).Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3 No 1 Maret 2016
- Arifin, Zainal. 2013.Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
- Arikunto, S .2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineke Cipta
- Arikunto, S. 2012. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Ariska, A.R. .2020.Efektivitas Metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan Perbendaharaan Kosa kata Bahasa Arab Pada Maharah Qira`ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida`iyah.Jurnal Pendidikan Vol 4 tahun 2020.
- Ikhwati Azhari dan Megawati Erna. 2018.Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) dalam pengajaran Bahasa Inggris.Jurnal Pendidikan Deiksis Vol 10 No 01 Januari 2018
- Chasanah, Rodifatul.2014.Total Physical Response (TPR) Untuk Meningkatkan Teknik Maharah Al-Kalam Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 7 No 1 Juli – Desember 2014
- Dahar,Ratna Wilis.2006.Teori-teori Belajar & Pembelajaran.Jakarta:PT.Gelora Aksara Pratama
- Fauzan Ahmad. 2021.Penerapan Metode TPR Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SDN 2 Arjasari.Jurnal Sinau Vol 7 No 2 Oktober 2021
- Fauzia. 2016. Metode TPR Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahap Awal Berbahasa Inggris Pada Anak-anak.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol.9 No 1 Maret 2016
- Gani Saida dan Arsyad Berti.2018.Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa.Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 07 No 1 Juni 2018
- Ghozali Dikri Dirwatul dan Khoiriyatunnisa Luthfia.2021.Analisis Morfo Semantik Penggunaan Istilah Bahasa Arab Dalam Jejaring Sosial Instagram.Kalamuna Vol 2 No 01 Januari 2021
- Halida. 2011.Metode Bermain Peran Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 Tahun).Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol.9 No 01 Maret 2011
- Hendawati Yuyu dan Kurniati Cucu.2017.Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfaatannya.Jurnal Pendidikan Vol.10 No 01 Januari 2017
- Heriyanti,dkk.2017.Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas X8 SMA Negeri 2 Watampone.Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 6 No 2 2017
- Hilaliyah.2017.Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini.Depok:Rajawali Pers
- Ikhwati Azhari dan Megawati Erna.2018.Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris.Deiksis Vol 10 No 01 Januari 2018
- Karyati,Alo.2019.Metode Pengajaran TPR Dalam Pembelajaran Mata Kuliah tata Bahasa/bunpou.Tersedia Online :https://journal.unpak.ac.id diakses pada tanggal 18 Desember 2021
- Maharani,dkk.2013.Upaya Meningkatkan Pemahaman makna Dengan Thinks Pair Share Pada Siswa Kelas VII SMPN 12 Ilir Tetap Kabupaten Musi Rawas Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Kependidikan Vol 1 No 24 Juni 2013
- Mahmudah,dkk.2018.Upaya Meningkatkan Pemahaman makna Dengan Teknik RCG Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 02 November 2017.
- Parrera.J.D.2004.Teori Semantik Edisi Kedua.Jakarta:Erlangga
- Pardoyino.2009.Pasti Bisa Teaching Genre Based Speaking.Yogyakarta:Andi
- Ratminingsih,Ni Made.2017.Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris.Depok:PT.Rajagrafindo Persada
- Rachmawati Umi dan Madya Suwarsih.2014.Pengembangan Webquest Sebagai Media Instruksional Membaca Siswa SMA Negeri 1 Muntilan.Jurnal Kependidikan Vol 44 No 1 Mei 2014
- Sani,Ridwan Abdullah.2013.Inovasi Pembelajaran.Jakarta:PT.Bumi Aksara
- Sudjana, Nana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono.2019.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif,Kualitatif,dan R&D.Bandung:Alfabeta
- Susanthi,I.G.A Agung Dian.2021.Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya.Jurnal Linguistic Community Service Vol 1No 2 2021
- Tarigan,Henry.G.2015.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa
- Tarigan,Henry.G.2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung :Angkasa
- Wahyuni,Sri.2015.Pengaruh Bahasa Pertama Terhadap Bahasa Kedua Dalam Kemampuan Berbicara Untuk Siswa Kelas IX Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam-U.Jurnal Kependidikan Vol VI Nomor 2 Juli-Desember 2015
- Widodo.2006.Taksonomi Tujuan Pembelajaran Edisi Kedua.Tersedia Online:https//Journal.upi.ac.id diakses pada tanggal 21 Januari 2022
- Yusrawita,Heppi Diana.2016.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Pemahaman makna Pada Anak TK Negeri Pembina Manna.Thesis,Program Pasca Sarjana Universitas Bengkulu.
References
Anita, et al. 2016.Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TPR).Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3 No 1 Maret 2016
Arifin, Zainal. 2013.Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, S .2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineke Cipta
Arikunto, S. 2012. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Ariska, A.R. .2020.Efektivitas Metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan Perbendaharaan Kosa kata Bahasa Arab Pada Maharah Qira`ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida`iyah.Jurnal Pendidikan Vol 4 tahun 2020.
Ikhwati Azhari dan Megawati Erna. 2018.Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) dalam pengajaran Bahasa Inggris.Jurnal Pendidikan Deiksis Vol 10 No 01 Januari 2018
Chasanah, Rodifatul.2014.Total Physical Response (TPR) Untuk Meningkatkan Teknik Maharah Al-Kalam Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 7 No 1 Juli – Desember 2014
Dahar,Ratna Wilis.2006.Teori-teori Belajar & Pembelajaran.Jakarta:PT.Gelora Aksara Pratama
Fauzan Ahmad. 2021.Penerapan Metode TPR Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SDN 2 Arjasari.Jurnal Sinau Vol 7 No 2 Oktober 2021
Fauzia. 2016. Metode TPR Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahap Awal Berbahasa Inggris Pada Anak-anak.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol.9 No 1 Maret 2016
Gani Saida dan Arsyad Berti.2018.Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa.Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 07 No 1 Juni 2018
Ghozali Dikri Dirwatul dan Khoiriyatunnisa Luthfia.2021.Analisis Morfo Semantik Penggunaan Istilah Bahasa Arab Dalam Jejaring Sosial Instagram.Kalamuna Vol 2 No 01 Januari 2021
Halida. 2011.Metode Bermain Peran Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 Tahun).Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol.9 No 01 Maret 2011
Hendawati Yuyu dan Kurniati Cucu.2017.Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfaatannya.Jurnal Pendidikan Vol.10 No 01 Januari 2017
Heriyanti,dkk.2017.Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas X8 SMA Negeri 2 Watampone.Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 6 No 2 2017
Hilaliyah.2017.Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini.Depok:Rajawali Pers
Ikhwati Azhari dan Megawati Erna.2018.Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris.Deiksis Vol 10 No 01 Januari 2018
Karyati,Alo.2019.Metode Pengajaran TPR Dalam Pembelajaran Mata Kuliah tata Bahasa/bunpou.Tersedia Online :https://journal.unpak.ac.id diakses pada tanggal 18 Desember 2021
Maharani,dkk.2013.Upaya Meningkatkan Pemahaman makna Dengan Thinks Pair Share Pada Siswa Kelas VII SMPN 12 Ilir Tetap Kabupaten Musi Rawas Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Kependidikan Vol 1 No 24 Juni 2013
Mahmudah,dkk.2018.Upaya Meningkatkan Pemahaman makna Dengan Teknik RCG Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 02 November 2017.
Parrera.J.D.2004.Teori Semantik Edisi Kedua.Jakarta:Erlangga
Pardoyino.2009.Pasti Bisa Teaching Genre Based Speaking.Yogyakarta:Andi
Ratminingsih,Ni Made.2017.Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris.Depok:PT.Rajagrafindo Persada
Rachmawati Umi dan Madya Suwarsih.2014.Pengembangan Webquest Sebagai Media Instruksional Membaca Siswa SMA Negeri 1 Muntilan.Jurnal Kependidikan Vol 44 No 1 Mei 2014
Sani,Ridwan Abdullah.2013.Inovasi Pembelajaran.Jakarta:PT.Bumi Aksara
Sudjana, Nana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2019.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif,Kualitatif,dan R&D.Bandung:Alfabeta
Susanthi,I.G.A Agung Dian.2021.Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya.Jurnal Linguistic Community Service Vol 1No 2 2021
Tarigan,Henry.G.2015.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa
Tarigan,Henry.G.2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung :Angkasa
Wahyuni,Sri.2015.Pengaruh Bahasa Pertama Terhadap Bahasa Kedua Dalam Kemampuan Berbicara Untuk Siswa Kelas IX Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam-U.Jurnal Kependidikan Vol VI Nomor 2 Juli-Desember 2015
Widodo.2006.Taksonomi Tujuan Pembelajaran Edisi Kedua.Tersedia Online:https//Journal.upi.ac.id diakses pada tanggal 21 Januari 2022
Yusrawita,Heppi Diana.2016.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Pemahaman makna Pada Anak TK Negeri Pembina Manna.Thesis,Program Pasca Sarjana Universitas Bengkulu.