Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2016 kelas A yang menempuh matakuliah keanekaragaman hewan  dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang.  Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS) yang dilakukan dalam 2 siklus selama 1 semester. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil tes essay yang didukung hasil observasi, dan pengerjaan LKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GI mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan peningkatan sebesar 12,22.

Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran, dan Group Investigation (GI)

Article Details

How to Cite
Sari, T. M., & Ernawati, E. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 79–85. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.79-85

References

  1. Aljaberi, R. (2015). Creative and Its Relation to Academic Achievement and Teaching Performance of Pre-Service Female Teachers in Ajman University in UAE. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174 (-):560 – 567.
  2. Aliman, Muhammad. (2016). Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Spasial Thinkin. Proceeding Seminar Nasional Geofrafi “Kecerdasan Spasial dalam Pembelajaran dan Perencanaan Pembangunan”
  3. Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  4. Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research. New York: Longman Inc.
  5. Carson, J. (2007). A Problem with Problem Solving:Teaching Thinking without Teaching Knowledge. (12)2: 7-14.
  6. Hapsari, E.E., dkk. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education, 3(3):850-860.
  7. Indriwati, S.E., dkk. 2018. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study pada matakuliah keanekaragaman hewan untuk meningkatkan kecakapan komunikasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa pendidikan biologi. Jurnal Pendidikan Biologi vol 9(2): 38-46.
  8. King, F.J., Goodson, L., M.S. & Rohani, F.(2010). Higher Order Thinking Skills. Assessment & Evaluation Educational Service Program.
  9. Kurlick ,S. and Rudnick, J.A. (1996). The New Source Book Teaching Reasioning and Problem Solving in Junior and Senior High School. Massachussetts: Allyn & Bacon.
  10. Naderi, H., Abdullah, R., Aizan, H.T., Sharir, J., & Kumar, V. (2010). Relationship between creativity and academic achievement: A study of gender differences. Journal of American Science, 6(1): 181-190.
  11. Osborn, E. P. (1953). The Nature Of Creativity As Manifest In Its Test. New York: Cambridge University Press.
  12. Polya, G. (1988). How to Solve It. Princeton: Princeton University Press.
  13. Putra, P.G.N., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran vol. 1 (2).
  14. Slavin, Robert. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
  15. Sudarsana, I Ketut. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjamin Mutu Lembaga Penjamin Mutu 4(1): 21-31.
  16. Sudewi, Ni L., dkk. (2014). Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA vol. 4.
  17. Trianto.(2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
  18. Tsoi, M.F., Ngoh, K. G., & Lion, S.C.(2004). Using Group Investigation for Chemistry in Teacher Education.Asia Fasifik Forum on Science Learning and Teaching (Online). Vol 5. Issue 1 article 6.
  19. Wiranata, I Ketut., dkk. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA vol. 3.
  20. Yaqin, M.A., dkk. (2018). Think-Pair-Square Learning: Improving Student’s Collaborative Skills And Cognitive Learning Outcome On Animal Diversity Course. Indonesian Journal of Biology Educationvol 4(2):135-142.