Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di MAN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized control-group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang diambil 2 kelas secara acak (random sampling). Kelas pertama dengan pembelajaran model Think Pair Share (TPS), kelas kedua dengan pembelajaran model konvensional. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen berupa tes esai untuk berpikir kritis dan tes objektif dengan lima option untuk hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan adalah uji-t independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa biologi model pembelajaran kooperatif type Think Pair Share (TPS) terhadap di MAN 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis yakni 88,9 dan hasil belajar kognitif siswa yakni 85,9
Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Kognitif, Berpikir Kritis.
Article Details
Copyright (c) 2020 Neni Murniati, Rahmatika Febyasha, Irwandi Irwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group. Jakarta.
- Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Pustaka Pelaja. Jogjakarta
- Boleng, D.T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Pendidikan Sains 2(2):76-84.
- Dewi, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dipadukan Dengan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Program Study Pendidikan Fisika FKIP UNS. Semarang
- Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
- Feldman, A.D. 2010. Berpikir Kritis. Indeks. Jakarta.
- Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis. Erlangga. Jakarta.
- Hamzah dan Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual. UMB Press.Bengkulu.
- Krathwohl, D., R. (2002). A Revision of Bloom,s Taxonomy An Overview. Theory Into Practice, 41 (4), hal. 212-218
- Kurniasih, I dan Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.
- Kuswana, W.S. 2011. Taksonomi Berpikir. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
- Mamu, H.D. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Pendidikan Sains 2(1): 1-11.
- Mentari, W. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Artikel Universitas Lampung. Lampung
- Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Cipta Pesona Sejahtera. Bandung. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
- Surayya, L., Subagia, I.W., dan Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (4): 1-11
- Tirtarahardja, Umar dan Sulo, S.,L.,L. 2010. Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta. Jakarta
References
Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group. Jakarta.
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Pustaka Pelaja. Jogjakarta
Boleng, D.T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Pendidikan Sains 2(2):76-84.
Dewi, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dipadukan Dengan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Program Study Pendidikan Fisika FKIP UNS. Semarang
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Feldman, A.D. 2010. Berpikir Kritis. Indeks. Jakarta.
Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis. Erlangga. Jakarta.
Hamzah dan Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual. UMB Press.Bengkulu.
Krathwohl, D., R. (2002). A Revision of Bloom,s Taxonomy An Overview. Theory Into Practice, 41 (4), hal. 212-218
Kurniasih, I dan Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.
Kuswana, W.S. 2011. Taksonomi Berpikir. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mamu, H.D. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Pendidikan Sains 2(1): 1-11.
Mentari, W. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Artikel Universitas Lampung. Lampung
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Cipta Pesona Sejahtera. Bandung. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Surayya, L., Subagia, I.W., dan Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (4): 1-11
Tirtarahardja, Umar dan Sulo, S.,L.,L. 2010. Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta. Jakarta