Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di MAN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized control-group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang diambil 2 kelas secara acak (random sampling). Kelas pertama dengan pembelajaran model Think Pair Share (TPS), kelas kedua dengan pembelajaran model konvensional. Pengumpulan data penelitian  menggunakan instrumen berupa tes esai untuk berpikir kritis dan tes objektif dengan lima option untuk hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan adalah uji-t independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa biologi  model pembelajaran kooperatif type Think Pair Share (TPS) terhadap di MAN 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis yakni 88,9 dan hasil belajar kognitif siswa yakni 85,9

 

Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Kognitif, Berpikir Kritis.

Article Details

How to Cite
Murniati, N., Febyasha, R., & Irwandi, I. (2020). HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI MAN 2 KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 94–105. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.94-105

References

  1. Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group. Jakarta.
  2. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Pustaka Pelaja. Jogjakarta
  3. Boleng, D.T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Pendidikan Sains 2(2):76-84.
  4. Dewi, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dipadukan Dengan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Program Study Pendidikan Fisika FKIP UNS. Semarang
  5. Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
  6. Feldman, A.D. 2010. Berpikir Kritis. Indeks. Jakarta.
  7. Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis. Erlangga. Jakarta.
  8. Hamzah dan Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual. UMB Press.Bengkulu.
  9. Krathwohl, D., R. (2002). A Revision of Bloom,s Taxonomy An Overview. Theory Into Practice, 41 (4), hal. 212-218
  10. Kurniasih, I dan Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.
  11. Kuswana, W.S. 2011. Taksonomi Berpikir. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  12. Mamu, H.D. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Pendidikan Sains 2(1): 1-11.
  13. Mentari, W. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Artikel Universitas Lampung. Lampung
  14. Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Cipta Pesona Sejahtera. Bandung. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
  15. Surayya, L., Subagia, I.W., dan Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (4): 1-11
  16. Tirtarahardja, Umar dan Sulo, S.,L.,L. 2010. Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta. Jakarta