Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Buku Saku berdasarkan keragaman Kura-kura Sumatera di Universitas Bengkulu melalui hasil uji validitas dan uji keterbacaan oleh peserta didik. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan hasil uji validasi dan uji keterbacaan buku saku. Hasil validasi dinyatakan layak dengan nilai 82,64 % dengan kategori sangat valid. Sesain buku saku juga dikategorikan sangat baik dengan nilai 86,8% dengan uji keterbacaan oleh 24 peserta didik di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku saku berdasarkan keragaman kura-kura Sumatera di Universitas Bengkulu dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang valid dan praktis.
Article Details
Copyright (c) 2022 Yunita Arianti, Aceng Ruyani, Dewi Jumiarni, Abdul Rahman, Irwandi Ansori, Abas Abas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Akbar, S. (2013). Instumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Ami, M. S., Endang, S., Raharjo. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal BioEdu, 1(2): 10-13.
- Anna, L.K. (2011). Pengaruh warna pada emosi. Retrieved from https://lifestyle.kompas.com/read/2011/08/03/10412452/
- Borg, W.R., & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifthy Edition. New York: Longman.
- Iskandar, D.T. (2000). Kura Kura & Buaya Di Indinesia & Papua Nugini. Bandung : ITB
- Isytigfarini, A.P., Aceng, R., & Yennita. (2018). Penerapan Studi Konsumsi Dan Pertumbuhan Kura kura Nanas (Heisemys spinosa) pada Uji Keterbacaan Booklet untuk Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2): 29-34. doi :10.33369/diklabio.2.2.29-34
- Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Retrieved from http://kamusbahasaindonesia.org/
- KEMENHUT. (2012). Tentang Lembaga Konservasi.
- (http://ipp.dephut.go.id/download.php?file=1393595147_1393595151.pdf)
- Kursini, M. D., & Yazid, M. (2005). Kura-Kura Asia dalam Krisis Dalam Warta Herpetofauna Edisi 3. Bogor: ITB
- Muhammad, N.N. (2015). Pengembangan Buku Saku Pada Materi Sistem Respirasi untuk SMA Kelas XI., Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi, Solo : FKIP UNS. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/6714/6052
- Pasaribu, J., Aceng, R., & Hery, S. (2019). Studi perbandingan adaptasi Kura-Kura Pipi Putih (Siebenrockiella crassicollis) jantan dan betina di area Kolam Konservasi Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1): 33-39. doi:10.33369/pendipa.3.1.33-39
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41. (2007). Standar Proses. Retrieved from https://permendiknas-no-41-tahun-2007-standar-proses-15623976
- Putera, T.D. (2010). Memilih & Merawat Kura-Kura, Ular, Gecko.Jakarta: PT Agromedia Pustaka
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Pasal 20. (2005). Standard Proses. Retrieved from https://www.jogloabang.com/pendidikan/pp-19-2005-standar-nasional-pendidikan
- Rahman, A. (2008). Pola Aktivitas Harian Kura-Kura Air Tawar Elseya Schultzii di Museum Zoologicum Bogoriense Bogor. (Skripsi) Universitas Sunan Kalijaga, Yogyakarta
- Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
- Sankarto., Bambang, S., & Endang, S. (2008). Pedoman Pengemasan Informasi. Jakarta: Departemen Pertanian
- Setyono., Sukarmin., & Wahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa (Online). Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 118-126.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta
- Sulistyani, N.H.D., Jamzuri., & Rahardjo, T.D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Media Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X (Online). Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1):164-172.
- Susilana, H., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran Hakekat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
- Vik, V., Syamswisna., & Titin. 2016. Kelayakan Media Buku Saku Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA Mandor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5): 157-164.
- Wiryono., Alif, Y.Z., & Yemie, S. (2016). Pendidikan Konservasi Kura-Kura Sumatera. Bengkulu: Unit Penerbit FKIP UNIB
- Yuwono, E., Purnama, S., & Lady, S. (2005). Konsumsi dan Efisiensi Pakan pada Ikan Kerapu Bebek (Cromileptes altivelis) yang dipuasakan Secara Periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 2(1) : 1-12
References
Akbar, S. (2013). Instumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ami, M. S., Endang, S., Raharjo. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal BioEdu, 1(2): 10-13.
Anna, L.K. (2011). Pengaruh warna pada emosi. Retrieved from https://lifestyle.kompas.com/read/2011/08/03/10412452/
Borg, W.R., & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifthy Edition. New York: Longman.
Iskandar, D.T. (2000). Kura Kura & Buaya Di Indinesia & Papua Nugini. Bandung : ITB
Isytigfarini, A.P., Aceng, R., & Yennita. (2018). Penerapan Studi Konsumsi Dan Pertumbuhan Kura kura Nanas (Heisemys spinosa) pada Uji Keterbacaan Booklet untuk Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2): 29-34. doi :10.33369/diklabio.2.2.29-34
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Retrieved from http://kamusbahasaindonesia.org/
KEMENHUT. (2012). Tentang Lembaga Konservasi.
(http://ipp.dephut.go.id/download.php?file=1393595147_1393595151.pdf)
Kursini, M. D., & Yazid, M. (2005). Kura-Kura Asia dalam Krisis Dalam Warta Herpetofauna Edisi 3. Bogor: ITB
Muhammad, N.N. (2015). Pengembangan Buku Saku Pada Materi Sistem Respirasi untuk SMA Kelas XI., Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi, Solo : FKIP UNS. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/6714/6052
Pasaribu, J., Aceng, R., & Hery, S. (2019). Studi perbandingan adaptasi Kura-Kura Pipi Putih (Siebenrockiella crassicollis) jantan dan betina di area Kolam Konservasi Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1): 33-39. doi:10.33369/pendipa.3.1.33-39
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41. (2007). Standar Proses. Retrieved from https://permendiknas-no-41-tahun-2007-standar-proses-15623976
Putera, T.D. (2010). Memilih & Merawat Kura-Kura, Ular, Gecko.Jakarta: PT Agromedia Pustaka
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Pasal 20. (2005). Standard Proses. Retrieved from https://www.jogloabang.com/pendidikan/pp-19-2005-standar-nasional-pendidikan
Rahman, A. (2008). Pola Aktivitas Harian Kura-Kura Air Tawar Elseya Schultzii di Museum Zoologicum Bogoriense Bogor. (Skripsi) Universitas Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sankarto., Bambang, S., & Endang, S. (2008). Pedoman Pengemasan Informasi. Jakarta: Departemen Pertanian
Setyono., Sukarmin., & Wahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa (Online). Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 118-126.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Sulistyani, N.H.D., Jamzuri., & Rahardjo, T.D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Media Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X (Online). Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1):164-172.
Susilana, H., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran Hakekat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
Vik, V., Syamswisna., & Titin. 2016. Kelayakan Media Buku Saku Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA Mandor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5): 157-164.
Wiryono., Alif, Y.Z., & Yemie, S. (2016). Pendidikan Konservasi Kura-Kura Sumatera. Bengkulu: Unit Penerbit FKIP UNIB
Yuwono, E., Purnama, S., & Lady, S. (2005). Konsumsi dan Efisiensi Pakan pada Ikan Kerapu Bebek (Cromileptes altivelis) yang dipuasakan Secara Periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 2(1) : 1-12