Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode Student Created Case Studies (SCCS) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan di SMAN Satu Baros. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas X SMAN Satu Baros. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X3 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kemampuan kognitif siswa diukur menggunakan tes pilihan ganda, afektif diukur menggunakan angket dan psikomotor diukur menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kemampuan kognitif siswa yaitu sebesar 70 dengan kategori baik, afektif sebesar 77,72 dengan kategori baik dan psikomotor sebesar 93,93 dengan kategori sangat baik. Penelitian kami menyimpulkan bahwa metode SCCS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori baik sampai sangat baik.
Kata kunci: Metode SCCS, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan.
Article Details
Copyright (c) 2020 Aditya Rahman, Lina Herlina, Suroso Mukti Leksono, Rosiana Dewi, Nurul Rahmah Kusumaputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Azizah, R. N. & Pujiastuti, H. S. 2014. Strategi Menumbuhkan Kemampuan Siwa Mengkontruksi Peta Konsep Sebagai Penunjang Penuatan Memory Skill Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Subkonsep Pencemaran Lingkungan (Siswa Kelas VII-A Tahun Pelajaran 2012/2013 SMPN Bondowoso. 3 (3): 21-30.
- Berlia, L. 2008. Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan. Royyan Press, Subang: i+151 hlm.
- Damhuri, D., Idrus, I., dan Jumiarni, D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ixa Mtsn 1 Lebong. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran biologi Diklabio 4(1) : 47 – 54.
- Djiwandono, SE. 2006. Psikologi pengajaran (edisi revisi).Grasindo. Jakarta: xxi + 476 hlm.
- Makmun, A.S. 2006. Psikologi Kependidikan PT Remaja Rosdakarya. Bandung: v+ 377 hlm.
- Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
- Nopitasari, A & Indrowati, M & Santosa, S. 2012. Pengaruh metode student created case studies disertai media gambar terhadap keterampilan proses sains siswa kelas x SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. 4 (3): 100-110.
- Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta: x + 224 hlm.
- Rahman, A., Meliyana., dan Rifqiawati, I. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Subkonsep Urinaria Kelas XI di MA. Bioedukasi 9 (2) : 132 – 143.
- Riduwan. 2013. Dasar-dasar statistika. Alfabeta, Bandung: vii + 273 hlm
- Sudjana, N. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung: ix + 168 hlm
- Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung: ix + 168 hlm.
- Sudjiyono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Grafindo Persada, Jakarta: vii + 268 hlm.
References
Azizah, R. N. & Pujiastuti, H. S. 2014. Strategi Menumbuhkan Kemampuan Siwa Mengkontruksi Peta Konsep Sebagai Penunjang Penuatan Memory Skill Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Subkonsep Pencemaran Lingkungan (Siswa Kelas VII-A Tahun Pelajaran 2012/2013 SMPN Bondowoso. 3 (3): 21-30.
Berlia, L. 2008. Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan. Royyan Press, Subang: i+151 hlm.
Damhuri, D., Idrus, I., dan Jumiarni, D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ixa Mtsn 1 Lebong. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran biologi Diklabio 4(1) : 47 – 54.
Djiwandono, SE. 2006. Psikologi pengajaran (edisi revisi).Grasindo. Jakarta: xxi + 476 hlm.
Makmun, A.S. 2006. Psikologi Kependidikan PT Remaja Rosdakarya. Bandung: v+ 377 hlm.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Nopitasari, A & Indrowati, M & Santosa, S. 2012. Pengaruh metode student created case studies disertai media gambar terhadap keterampilan proses sains siswa kelas x SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. 4 (3): 100-110.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta: x + 224 hlm.
Rahman, A., Meliyana., dan Rifqiawati, I. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Subkonsep Urinaria Kelas XI di MA. Bioedukasi 9 (2) : 132 – 143.
Riduwan. 2013. Dasar-dasar statistika. Alfabeta, Bandung: vii + 273 hlm
Sudjana, N. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung: ix + 168 hlm
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung: ix + 168 hlm.
Sudjiyono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Grafindo Persada, Jakarta: vii + 268 hlm.