Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode Student Created Case Studies (SCCS) terhadap peningkatan hasil belajar siswa  pada konsep pencemaran lingkungan di SMAN Satu Baros. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas X SMAN Satu Baros. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X3 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kemampuan kognitif siswa diukur menggunakan tes pilihan ganda, afektif diukur menggunakan angket dan psikomotor diukur menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kemampuan kognitif siswa yaitu sebesar 70 dengan kategori baik, afektif sebesar 77,72 dengan kategori baik dan psikomotor sebesar 93,93 dengan kategori sangat baik. Penelitian kami menyimpulkan bahwa metode SCCS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori baik sampai sangat baik.

Kata kunci: Metode SCCS, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan.

Article Details

How to Cite
Rahman, A., Herlina, L., Leksono, S. M., Dewi, R., & Kusumaputri, N. R. (2020). METODE PEMBELAJARAN STUDENT CREATED CASE STUDIES (SCCS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN SATU BAROS. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.113-120

References

  1. Azizah, R. N. & Pujiastuti, H. S. 2014. Strategi Menumbuhkan Kemampuan Siwa Mengkontruksi Peta Konsep Sebagai Penunjang Penuatan Memory Skill Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Subkonsep Pencemaran Lingkungan (Siswa Kelas VII-A Tahun Pelajaran 2012/2013 SMPN Bondowoso. 3 (3): 21-30.
  2. Berlia, L. 2008. Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan. Royyan Press, Subang: i+151 hlm.
  3. Damhuri, D., Idrus, I., dan Jumiarni, D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ixa Mtsn 1 Lebong. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran biologi Diklabio 4(1) : 47 – 54.
  4. Djiwandono, SE. 2006. Psikologi pengajaran (edisi revisi).Grasindo. Jakarta: xxi + 476 hlm.
  5. Makmun, A.S. 2006. Psikologi Kependidikan PT Remaja Rosdakarya. Bandung: v+ 377 hlm.
  6. Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
  7. Nopitasari, A & Indrowati, M & Santosa, S. 2012. Pengaruh metode student created case studies disertai media gambar terhadap keterampilan proses sains siswa kelas x SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. 4 (3): 100-110.
  8. Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta: x + 224 hlm.
  9. Rahman, A., Meliyana., dan Rifqiawati, I. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Subkonsep Urinaria Kelas XI di MA. Bioedukasi 9 (2) : 132 – 143.
  10. Riduwan. 2013. Dasar-dasar statistika. Alfabeta, Bandung: vii + 273 hlm
  11. Sudjana, N. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung: ix + 168 hlm
  12. Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung: ix + 168 hlm.
  13. Sudjiyono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Grafindo Persada, Jakarta: vii + 268 hlm.