Main Article Content
Abstract
Modifikasi LKPD dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan penyajian materi yang dianggap belum ada dan masih perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modifikasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) keragaman tanaman obat Desa Margomulyo Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar validasi soal KPS dan LKPD Keragaman Tanaman Obat Desa Margomulyo Bengkulu Tengah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu studi literatur yang dilengkapi dengan triangulasi data untuk memeriksa keabsahannya. Hasil validasi soal Keterampilan proses sains sebesar 94,61%, yang masuk ke dalam kriteria sangat valid.
Article Details
Copyright (c) 2022 Maruli Dame Siregar, Ariefa Primair Yani, Irdam Idrus, Sri Irawati, Kasrina Kasrina, Syarif Hidayat, Ahmad Saddam Husein

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
- Arafah, S. F., Saiful R., & Bambang P. (2012). Pengembangan LKS berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education. 1(1):47-53. doi: 10.15294/jbe.v1i1.378
- Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Aripin, Ipin. 2018. Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio. 3(1):1-9. doi: 10.31949/be.v3i1.853
- Farameta, Efa. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Berdasarkan Keragaman Tanaman Obat di Desa Margomulyo Bengkulu Tengah (skripsi tidak dipublikasikan), Universitas Bengkulu, Indonesia
- Handayani, Aisyah. (2015). Pemanfaatan Tumbuhan Berkhasiat Obat Oleh Masyarakat Sekitar Cagar Alam Gunung Simpang, Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 1(6):1425-1432. doi: 10.13057/psnmbi/m010628
- Hidayati, S.W., Pakhrur R., & Zulhendri K. (2015). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Daya Nalar di Kelas XI SMAN 3 Payakumbuh. Pillar Of Physics Education. 5:193-200
- Lestari, D., M. Jamhari & Isnainar. (2017). Kajian Pemanfaatan Tanaman Sebagai Obat Tradisional di Desa Tolai Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. 5(2):92-108
- Listari, M. D., Ariefa, P. Y., & Yennita (2019). Implementasi LKPD Berdasarkan Eksplorasi Tanaman Obat Suku Pekal di SMA 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3(1): 49-58. doi: 10.33369/diklabio.3.1.49-58
- Mia, Agustin Islam. (2014). Analisis Butir Soal dalam Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Indonesia). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/7490/1/10140047.pdf.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103. (2014). Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik. Jakarta: Indonesia
- Puspita, A.R., Paidi., Heru N. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains LKPD Sel di SMA Negeri Kota Bekasi. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. 6(3):164-170
- Riyatuljannah, T., & Suyadi. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematika Kelas V SDN Maguwoharjo 1 Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 12(1):48-54. doi: 10.17509/eh.v12i1.20906
- Safari. (2011). Penulisan Butir Soal. Depdiknas: Tim Pengembang Kurikulum. Retrieved from https://www.slideshare.net/srdn1960/penulisan-butirsoal
- Sugiyono. (2012) . Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
- Sulaiman, Ahmmad., & Nandy A.S. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi. 26(2):86-96. doi:10.22146/buletinpsikologi.38660
- Sunarya, Yaya. (2012). Strategi Meningkatkan Kualitas Tes Uraian. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195911301987031-YAYA_SUNARYA/BAHAN_EVALUASI-ASESMEN/TES_URAIAN.pdf
- Sutrisno, Leo. (2010). Menelusuri Literature. Retrieved from http://www.scribd.com/doc/36454269/Reviw-Literature
- Trisna, Tiara Nindia. (2015). Pengembangan LKS Berdasarkan Inventarisasi Tumbuhan Obat yang Dimanfaatkan Oleh Masyarakat Talang Jawi II Kec. Padang Guci Hilir Kab. Kaur dan Implementasinya Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 4 Kaur (skripsi tidak dipublikasikan), Universitas Bengkulu, Indonesia
- Utami, S. Y., & Burhan N. (2016). Kualitas Soal dan Serap Tes Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP di Gunungkidul. Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 24(1):52-62. doi: 10.21831/diksi.v24i1.11499
References
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arafah, S. F., Saiful R., & Bambang P. (2012). Pengembangan LKS berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education. 1(1):47-53. doi: 10.15294/jbe.v1i1.378
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aripin, Ipin. 2018. Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio. 3(1):1-9. doi: 10.31949/be.v3i1.853
Farameta, Efa. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Berdasarkan Keragaman Tanaman Obat di Desa Margomulyo Bengkulu Tengah (skripsi tidak dipublikasikan), Universitas Bengkulu, Indonesia
Handayani, Aisyah. (2015). Pemanfaatan Tumbuhan Berkhasiat Obat Oleh Masyarakat Sekitar Cagar Alam Gunung Simpang, Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 1(6):1425-1432. doi: 10.13057/psnmbi/m010628
Hidayati, S.W., Pakhrur R., & Zulhendri K. (2015). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Daya Nalar di Kelas XI SMAN 3 Payakumbuh. Pillar Of Physics Education. 5:193-200
Lestari, D., M. Jamhari & Isnainar. (2017). Kajian Pemanfaatan Tanaman Sebagai Obat Tradisional di Desa Tolai Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. 5(2):92-108
Listari, M. D., Ariefa, P. Y., & Yennita (2019). Implementasi LKPD Berdasarkan Eksplorasi Tanaman Obat Suku Pekal di SMA 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3(1): 49-58. doi: 10.33369/diklabio.3.1.49-58
Mia, Agustin Islam. (2014). Analisis Butir Soal dalam Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Indonesia). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/7490/1/10140047.pdf.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103. (2014). Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik. Jakarta: Indonesia
Puspita, A.R., Paidi., Heru N. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains LKPD Sel di SMA Negeri Kota Bekasi. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. 6(3):164-170
Riyatuljannah, T., & Suyadi. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematika Kelas V SDN Maguwoharjo 1 Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 12(1):48-54. doi: 10.17509/eh.v12i1.20906
Safari. (2011). Penulisan Butir Soal. Depdiknas: Tim Pengembang Kurikulum. Retrieved from https://www.slideshare.net/srdn1960/penulisan-butirsoal
Sugiyono. (2012) . Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sulaiman, Ahmmad., & Nandy A.S. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi. 26(2):86-96. doi:10.22146/buletinpsikologi.38660
Sunarya, Yaya. (2012). Strategi Meningkatkan Kualitas Tes Uraian. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195911301987031-YAYA_SUNARYA/BAHAN_EVALUASI-ASESMEN/TES_URAIAN.pdf
Sutrisno, Leo. (2010). Menelusuri Literature. Retrieved from http://www.scribd.com/doc/36454269/Reviw-Literature
Trisna, Tiara Nindia. (2015). Pengembangan LKS Berdasarkan Inventarisasi Tumbuhan Obat yang Dimanfaatkan Oleh Masyarakat Talang Jawi II Kec. Padang Guci Hilir Kab. Kaur dan Implementasinya Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 4 Kaur (skripsi tidak dipublikasikan), Universitas Bengkulu, Indonesia
Utami, S. Y., & Burhan N. (2016). Kualitas Soal dan Serap Tes Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP di Gunungkidul. Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 24(1):52-62. doi: 10.21831/diksi.v24i1.11499