Main Article Content

Abstract

Modifikasi LKPD dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan penyajian materi yang dianggap belum ada dan masih perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modifikasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) keragaman tanaman obat Desa Margomulyo Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar validasi soal KPS dan LKPD Keragaman Tanaman Obat Desa Margomulyo Bengkulu Tengah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu studi literatur yang dilengkapi dengan triangulasi data untuk memeriksa keabsahannya. Hasil validasi soal Keterampilan proses sains sebesar 94,61%, yang masuk ke dalam kriteria sangat valid.

Article Details

How to Cite
Siregar, M. D., Yani, A. P., Idrus, I., Irawati, S., Kasrina, K., Hidayat, S., & Husein, A. S. (2022). Modifikasi LKPD Keragaman Tanaman Obat Terhadap Keterampilan Proses Sains. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 117–125. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.117-125

References

  1. Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  2. Arafah, S. F., Saiful R., & Bambang P. (2012). Pengembangan LKS berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education. 1(1):47-53. doi: 10.15294/jbe.v1i1.378
  3. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Aripin, Ipin. 2018. Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio. 3(1):1-9. doi: 10.31949/be.v3i1.853
  5. Farameta, Efa. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Berdasarkan Keragaman Tanaman Obat di Desa Margomulyo Bengkulu Tengah (skripsi tidak dipublikasikan), Universitas Bengkulu, Indonesia
  6. Handayani, Aisyah. (2015). Pemanfaatan Tumbuhan Berkhasiat Obat Oleh Masyarakat Sekitar Cagar Alam Gunung Simpang, Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 1(6):1425-1432. doi: 10.13057/psnmbi/m010628
  7. Hidayati, S.W., Pakhrur R., & Zulhendri K. (2015). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Daya Nalar di Kelas XI SMAN 3 Payakumbuh. Pillar Of Physics Education. 5:193-200
  8. Lestari, D., M. Jamhari & Isnainar. (2017). Kajian Pemanfaatan Tanaman Sebagai Obat Tradisional di Desa Tolai Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. 5(2):92-108
  9. Listari, M. D., Ariefa, P. Y., & Yennita (2019). Implementasi LKPD Berdasarkan Eksplorasi Tanaman Obat Suku Pekal di SMA 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3(1): 49-58. doi: 10.33369/diklabio.3.1.49-58
  10. Mia, Agustin Islam. (2014). Analisis Butir Soal dalam Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Indonesia). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/7490/1/10140047.pdf.
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103. (2014). Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik. Jakarta: Indonesia
  12. Puspita, A.R., Paidi., Heru N. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains LKPD Sel di SMA Negeri Kota Bekasi. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. 6(3):164-170
  13. Riyatuljannah, T., & Suyadi. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematika Kelas V SDN Maguwoharjo 1 Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 12(1):48-54. doi: 10.17509/eh.v12i1.20906
  14. Safari. (2011). Penulisan Butir Soal. Depdiknas: Tim Pengembang Kurikulum. Retrieved from https://www.slideshare.net/srdn1960/penulisan-butirsoal
  15. Sugiyono. (2012) . Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  16. Sulaiman, Ahmmad., & Nandy A.S. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi. 26(2):86-96. doi:10.22146/buletinpsikologi.38660
  17. Sunarya, Yaya. (2012). Strategi Meningkatkan Kualitas Tes Uraian. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195911301987031-YAYA_SUNARYA/BAHAN_EVALUASI-ASESMEN/TES_URAIAN.pdf
  18. Sutrisno, Leo. (2010). Menelusuri Literature. Retrieved from http://www.scribd.com/doc/36454269/Reviw-Literature
  19. Trisna, Tiara Nindia. (2015). Pengembangan LKS Berdasarkan Inventarisasi Tumbuhan Obat yang Dimanfaatkan Oleh Masyarakat Talang Jawi II Kec. Padang Guci Hilir Kab. Kaur dan Implementasinya Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 4 Kaur (skripsi tidak dipublikasikan), Universitas Bengkulu, Indonesia
  20. Utami, S. Y., & Burhan N. (2016). Kualitas Soal dan Serap Tes Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP di Gunungkidul. Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 24(1):52-62. doi: 10.21831/diksi.v24i1.11499