Main Article Content

Abstract

Di era saat ini siswa kurang mendalami pembelajaran yang didapat, salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya inovasi dalam media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang proses pembelajaran.. Penggunaan media pembelajaran google classroom diharapkan dapat merangsang keterlibtan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menjadi solusi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir kritis IPA melalui penggunaan media google classroom di SMP Lamaholot Cengkareng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis kualitatif Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Lamaholot Cengkareng yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan tes deskripsi yang berupa tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Lamaholot Cengkareng memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi dengan rata- rata 86,8 dengan indikator tertinggi adalah strategi dan taktik dengan persentase 92% sedangkan indikator terendah adalah menarik kesimpulan dengan persentase persentase 80, 25%.

Keywords: Berpikir Kritis, Google Classroom, IPA

Article Details

Author Biographies

Meriyanti Meriyanti, Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Department of Biological Education, Faculty of Mathematics and Natural Science

Rina Hidayati Pratiwi, Universitas Indraprasta PGRI

Faculty of Post Graduated

Efri Gresinta, Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Department of Biological Education, Faculty of Mathematics and Natural Science

Endang Sulistyaniningsih, Program Studi S-1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan llmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Informatika, FTIK
How to Cite
Meriyanti, M., Pratiwi, R. H., Gresinta, E., & Sulistyaniningsih, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP terhadap mata pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Google Classroom. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 226–232. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.226-232

References

  1. Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
  2. Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
  4. Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  5. Hardiyana, A. (2015). Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah (Karya Tulis Ilmiah), SMA Negeri 1 Losari, Cirebon.
  6. Luzyawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 9-21.
  7. Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Possing. Jurnal Peluang, 4(1), 64-72.
  8. Moleong, L. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Nirfayanti. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.
  10. Nugraha, W.S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115-127.
  11. Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
  12. Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Surapranata. (2004). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Rosda.
  13. Tafonao, T. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114
  14. Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
  15. Wijaya, C. (2010). Pendidikan Remidial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.