Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku saku (pocket book) yang dikembangkan berdasarkan hasil dari identifikasi spesies mangrove dalam matakuliah Taksonomi Tumbuhan II. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket untuk dua orang validator (satu validator media ajar dan satu validator materi ajar), dan uji keterbacaan buku saku dilakukan kepada mahasiswa Pendidikan Biologi UNIB. Berdasarkan hasil uji validasi buku saku yang dilakukan oleh validator media ajar dengan presentase 81,25 % dan uji validasi yang dilakukan oleh validator materi ajar dengan presentase 93,75 %. Kedua skor tersebut mendapatkan presentase 87,5 % (Sangat Valid). Sementara dari hasil uji keterbacaan terhadap mahasiswa diperoleh persentase sebesar 86,3 % (Sangat Valid). Berdasarkan hasil uji validitas dan keterbacaan tersebut, buku saku yang dikembangkan, layak digunakan sebagai media ajar dalam Mata kuliah Taksonomi Tumbuhan II. Buku saku dapat memudahkan dalam penggunaannya yang mudah dibawa serta dengan isi buku saku yang lengkap beserta gambar yang jelas.
Kata Kunci : Buku saku, Mangrove, Teluk Sepang
Article Details
Copyright (c) 2021 Selvina Agnestia, Kasrina Kasrina, Ariefa Primair Yani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Ami, M. S., Susanti, E. & Raharjo. 2012. Pengembangan Buku saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA / MA. Bioedu Unesa. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya (https://jurnalmahasiswaunesa.ac.id/index.php/bioedu/article/viewfile/439/342 diakes pada tanggal 29 Maret 2019).
- KEMENRISTEKDIKTI. 2015. Peraturan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta : Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
- Lawrence, G.H.M. 1951. Taxonomy of Vascular Plants. New York : The Macmillan Company.
- Peraturan Menteri Kehutanan No. 03/MENHUT-V/2004 tentang Pedoman Pembuatan Tanaman Rehabilitasi Hutan Mangrove Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan.
- Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
- Pramudji. 2000. Hutan Mangrove di Indonesia : Peranan Permasalahan dan Pengelolaannya.Jurnal Biologi Puslitbang Oseanologi LIPI) http://oseanografi.lipi.go.id/dokumen/oseana_xxv(1)13-20.pdf diakses pada tanggal 05 September 2018).
- Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : ALFABETA.
- Setiawan, Andi. 2013. Penerapan Buku Saku Mastercam Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Siswa. Yogyakarta : Universitas Yogyakarta.
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.
- Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya : Srikandi.
- Sulistyani, N.H.D., Jamzuri dan D.T Rahardjo. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media PocketBook dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika(2013) 1 (1) : 164 ( http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1784/1277 diakses pada tanggal 07 November 2018).
- Susilana, Hadi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran Hakekat Pengembangan dan Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung : Wacana Prima.
- Windayani., Kasrina., Irwandi, A. 2017. Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Hasil Eksplorasi TanamanObatSuku Rejang di Desa Pulo Geto. Diklabio :Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5142/2701). Diakses pada tanggal 26 Juli 2019
- Zukmadini, A., Dewi, J., & Kasrina. 2018. Developing Antimicrobial Plants Pocketbook ased on Lokal Wisdom of Muko-Muko and Serawai Ethnich. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 4(2): 95-104 (Online). (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/articel/download/5436/5518, diakses 24 Juli 2019.
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ami, M. S., Susanti, E. & Raharjo. 2012. Pengembangan Buku saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA / MA. Bioedu Unesa. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya (https://jurnalmahasiswaunesa.ac.id/index.php/bioedu/article/viewfile/439/342 diakes pada tanggal 29 Maret 2019).
KEMENRISTEKDIKTI. 2015. Peraturan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta : Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Lawrence, G.H.M. 1951. Taxonomy of Vascular Plants. New York : The Macmillan Company.
Peraturan Menteri Kehutanan No. 03/MENHUT-V/2004 tentang Pedoman Pembuatan Tanaman Rehabilitasi Hutan Mangrove Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan.
Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
Pramudji. 2000. Hutan Mangrove di Indonesia : Peranan Permasalahan dan Pengelolaannya.Jurnal Biologi Puslitbang Oseanologi LIPI) http://oseanografi.lipi.go.id/dokumen/oseana_xxv(1)13-20.pdf diakses pada tanggal 05 September 2018).
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : ALFABETA.
Setiawan, Andi. 2013. Penerapan Buku Saku Mastercam Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Siswa. Yogyakarta : Universitas Yogyakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya : Srikandi.
Sulistyani, N.H.D., Jamzuri dan D.T Rahardjo. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media PocketBook dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika(2013) 1 (1) : 164 ( http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1784/1277 diakses pada tanggal 07 November 2018).
Susilana, Hadi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran Hakekat Pengembangan dan Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung : Wacana Prima.
Windayani., Kasrina., Irwandi, A. 2017. Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Hasil Eksplorasi TanamanObatSuku Rejang di Desa Pulo Geto. Diklabio :Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5142/2701). Diakses pada tanggal 26 Juli 2019
Zukmadini, A., Dewi, J., & Kasrina. 2018. Developing Antimicrobial Plants Pocketbook ased on Lokal Wisdom of Muko-Muko and Serawai Ethnich. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 4(2): 95-104 (Online). (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/articel/download/5436/5518, diakses 24 Juli 2019.