Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru biologi mengajar di SMA Negeri Kota Lubuklinggau pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru biologi di SMA Negeri 1, 2, 4, 5, 6, 7, dan 8 Kota Lubuklinggau. Sampel pada penelitian ini adalah 15 guru biologi dari SMA Negeri Kota Lubuklinggau. Berdasarkan hasil analisis kesulitan dibagi menjadi lima aspek indikator (media, motivasi, sikap, kreativitas, dan sarana prasarana). Hasil persentase setiap SMA Negeri Kota Lubuklinggau telah mencakup dari lima aspek indikator, guru SMA Negeri 1 (14%), guru SMA Negeri 2 (36%), guru SMA Negeri 4 (31%), guru SMA Negeri 5 (27%), guru SMA Negeri 6 (28%), guru SMA Negeri 7 (31%), dan guru SMA Negeri 8 (22%). Dapat disimpulkan setiap guru biologi di SMA Negeri Kota Lubuklinggau mengalami sedikit kesulitan dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Kesulitan yang paling rendah terdapat pada guru SMA Negeri 1 Lubuklinggau dengan persentase 14% dan SMA Negeri 2 Kota Lubuklinggau memiliki persentase kesulitan paling tinggi sebesar 36%.
Keywords: Kesulitan guru biologi, pembelajaran daring
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 Nevi Yantari, Mareta Widiya, Sepriyaningsih Sepriyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Ahmad, I. F. (2020). Alternatif Assesment In Distance Lerning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195-222.
- Amar’s, I. P. I. (2020). Analisis Kendala dan Alternatif Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Swasta Yapim Taruna Dolok Masihul. Skripsi. Sumatera Utara: UIN
- Amirullah, G., & Irdalisa. (2020). Pelatihan Kemampuan TpACK Pasca Pandemi Covid-19 Bagi Guru Biologi SMA Muhammadiyah se-DKI Jakarta. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu. 1(2).
- Arikunto, S. (2010).Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
- Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online education in Schools During a SARS-CoV-2 Coronavirus (Covid-19) Pandemi in Georgia. Pedagogial Research, 5(4), em0060. https://doi.org/10.29333/pr/7937.
- Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496-503.
- Irwanto & Irwani.(2017). Profil Karakteristik dan Kompetensi Guru Biologi SMA Negeri 1 Bajodi Era Revolusi Industri 4.0.Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 14(2), 62-81
- Jayawardana, H. B. A., Sugiarti, R., & Gita. D. W. I. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Evolusi Industri 4.0 (Issue September. Pp. 58-66).
- Jayanti, M. I. (2018). Faktor Kesulitan Guru Melaksanakan Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri Se-Kota Bima. Oryza jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 94-98
- Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 2 tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 diLingkungan Kemendikbud dan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020.
- Santosa, A.T,, & Lufri, Zulyusri. (2020). Problematika Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Learning Environment (VLE) Terhadap Siswa dan Guru SMA/MA Pada Materi Biologi di Masa Covid-19. Journal on Education, 3(1), 93-103
- Saifulloh, A. M., & Darwis, M. Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.Bidayatuna, 3(2), 286-311.
- Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALBETA.
- Supriyatin, T. (2020). Analisis Pembelajaran Filsafat MIPA Berbasis Daring pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Era Pandemi Covid-19 yang digunakan oleh guru. Titin Supriyatin, 1(1), 18-21.
- Riastuti, D.R. & Yuli. F. 2021. Studi Dokumenter Hasil Belajar Psikomotorik Siswa SMA Pada Materi Sistem Pernapasan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(1), 93-98
- Word Health Organization.(2019). Coronavirus. Retrieved From World health Prganization: https://www.who.int/health-topics/coronavirus
References
Ahmad, I. F. (2020). Alternatif Assesment In Distance Lerning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195-222.
Amar’s, I. P. I. (2020). Analisis Kendala dan Alternatif Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Swasta Yapim Taruna Dolok Masihul. Skripsi. Sumatera Utara: UIN
Amirullah, G., & Irdalisa. (2020). Pelatihan Kemampuan TpACK Pasca Pandemi Covid-19 Bagi Guru Biologi SMA Muhammadiyah se-DKI Jakarta. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu. 1(2).
Arikunto, S. (2010).Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online education in Schools During a SARS-CoV-2 Coronavirus (Covid-19) Pandemi in Georgia. Pedagogial Research, 5(4), em0060. https://doi.org/10.29333/pr/7937.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496-503.
Irwanto & Irwani.(2017). Profil Karakteristik dan Kompetensi Guru Biologi SMA Negeri 1 Bajodi Era Revolusi Industri 4.0.Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 14(2), 62-81
Jayawardana, H. B. A., Sugiarti, R., & Gita. D. W. I. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Evolusi Industri 4.0 (Issue September. Pp. 58-66).
Jayanti, M. I. (2018). Faktor Kesulitan Guru Melaksanakan Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri Se-Kota Bima. Oryza jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 94-98
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 2 tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 diLingkungan Kemendikbud dan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020.
Santosa, A.T,, & Lufri, Zulyusri. (2020). Problematika Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Learning Environment (VLE) Terhadap Siswa dan Guru SMA/MA Pada Materi Biologi di Masa Covid-19. Journal on Education, 3(1), 93-103
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.Bidayatuna, 3(2), 286-311.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALBETA.
Supriyatin, T. (2020). Analisis Pembelajaran Filsafat MIPA Berbasis Daring pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Era Pandemi Covid-19 yang digunakan oleh guru. Titin Supriyatin, 1(1), 18-21.
Riastuti, D.R. & Yuli. F. 2021. Studi Dokumenter Hasil Belajar Psikomotorik Siswa SMA Pada Materi Sistem Pernapasan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(1), 93-98
Word Health Organization.(2019). Coronavirus. Retrieved From World health Prganization: https://www.who.int/health-topics/coronavirus