Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mengidentifikasi profil miskonsepsi peserta didik kelas VIII menggunakan soal esai terbatas dengan skoring skala Guttman pada materi fotosintesis di SMP N 1 dan SMP N 2 Sumberejo , 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel peserta didik dalam penelitian ini adalah Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi fotosintesis di SMP N 1 Sumberejo mengalami miskonsepsi dengan persentase 38,33%, paham konsep 37,66% dan tidak paham konsep 24%. Sedangkan di SMP N 2 Sumberejo mengalami miskonsepsi dengan persentase 38,34%, paham konsep 35,83% dan tidak paham konsep 25,83%. Penyebab miskonsepsi yang dialami pada peserta didik SMP N 1 Sumberejo dan SMP N 2 Sumberejo, diperoleh dari hasil wawancara pendidik dan peserta didik. Penyebab miskonsepsi antara lain pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik tidak sesuai dengan konsep yang sudah disepakati ahli, penjelasan yang mereka dapat dari internet belum tentu benar, pendidik yang tidak menguasai konsep dengan baik sehingga salah pengertian dan diteruskan kepada peserta didik, peserta didik yang tidak memahami materi yang disampaikan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, dan penggunaan bahasa dalam buku pelajaran tersebut sulit dipahami oleh pendidik dan peserta didik.
Keywords: Fotosintesis, Miskonsepsi, Soal Esai
Article Details
Copyright (c) 2022 Nukhbatul Bidayati Haka, Anis Muriana, Supriyadi Supriyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
- Ariyastuti, Yunita, and Fitri Yuliawati, (2017). Identifikasi miskonsepsi ipa menggunakan soal esai bagi siswa cerdas istimewa di sd muhammadiyah condongcatur sleman. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 27-24 . https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9608.
- Dylan Trotsek. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi ipa semester genap pada siswa kelas viii. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–169.
- F Fajriana, N., Abdullah, A., & Safrida, S. (2017). Analisis miskonsepsi buku teks pelajaran biologi kelas xi semester 1 sman di kota banda aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1071
- Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan tes diagnostik two-tier multiple choice untuk menganalisis miskonsepsi siswa kelas x pada materi archaebacteria dan eubacteria. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270
- Kurniati, R. M., & Ihsan, H. (2018). Miskonsepsi siswa sekolah menengah pertama (smp) terhadap bilangan bulat, operasi dan sifat-sifatnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–7.
- Murni, D. (2013). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa pada konsep substansi genetika menggunakan certainty of response index (cri). Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 205–212.
- Mustaqim, T. A. (2015). Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode certainty of response index (cri) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Jurnal Edusains, 6(2), 145–52.
- Putri, R. K., Harahap, F., (2016). Analisis miskonsepsi siswa pada konsep fotosintesis menggunakan two tiers multiple choice diagnostic tests. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA, 3(1), 920–924.
- Roosyanti, A. (2017). Identifikasi miskonsepsi konsep fotosintesis melalui two-tier diagnostic test dan wawancara diagnostik. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 203–214. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.37.
- Sari, S. P. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Ipa Biologi Semester Genap Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Tanjung Raa. (Skripsi, Universitas Lampung, Indonesia).
- Setiawati, G., Arjaya, I., & Ekayanti, N. (2014). Identifikasi miskonsepsi dalam materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan pada siswa kelas ix smp di kota denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 03(02), 17-31.
- Siswana, R., Armen, & Helendra. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi fotosintesis pada siswa kelas ix smpn 7 padang menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Jurnal Biosains, 1(2), 277–284.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta Bandung.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ariyastuti, Yunita, and Fitri Yuliawati, (2017). Identifikasi miskonsepsi ipa menggunakan soal esai bagi siswa cerdas istimewa di sd muhammadiyah condongcatur sleman. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 27-24 . https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9608.
Dylan Trotsek. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi ipa semester genap pada siswa kelas viii. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–169.
F Fajriana, N., Abdullah, A., & Safrida, S. (2017). Analisis miskonsepsi buku teks pelajaran biologi kelas xi semester 1 sman di kota banda aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1071
Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan tes diagnostik two-tier multiple choice untuk menganalisis miskonsepsi siswa kelas x pada materi archaebacteria dan eubacteria. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270
Kurniati, R. M., & Ihsan, H. (2018). Miskonsepsi siswa sekolah menengah pertama (smp) terhadap bilangan bulat, operasi dan sifat-sifatnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–7.
Murni, D. (2013). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa pada konsep substansi genetika menggunakan certainty of response index (cri). Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 205–212.
Mustaqim, T. A. (2015). Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode certainty of response index (cri) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Jurnal Edusains, 6(2), 145–52.
Putri, R. K., Harahap, F., (2016). Analisis miskonsepsi siswa pada konsep fotosintesis menggunakan two tiers multiple choice diagnostic tests. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA, 3(1), 920–924.
Roosyanti, A. (2017). Identifikasi miskonsepsi konsep fotosintesis melalui two-tier diagnostic test dan wawancara diagnostik. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 203–214. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.37.
Sari, S. P. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Ipa Biologi Semester Genap Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Tanjung Raa. (Skripsi, Universitas Lampung, Indonesia).
Setiawati, G., Arjaya, I., & Ekayanti, N. (2014). Identifikasi miskonsepsi dalam materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan pada siswa kelas ix smp di kota denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 03(02), 17-31.
Siswana, R., Armen, & Helendra. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi fotosintesis pada siswa kelas ix smpn 7 padang menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Jurnal Biosains, 1(2), 277–284.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta Bandung.