Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mengidentifikasi profil miskonsepsi peserta didik kelas VIII menggunakan soal esai terbatas dengan skoring skala Guttman pada materi fotosintesis di SMP N 1 dan SMP N 2 Sumberejo , 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel peserta didik dalam penelitian ini adalah Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada materi fotosintesis di SMP N 1 Sumberejo mengalami miskonsepsi dengan persentase 38,33%, paham konsep 37,66% dan tidak paham konsep 24%. Sedangkan di SMP N 2 Sumberejo mengalami miskonsepsi dengan persentase 38,34%, paham konsep 35,83% dan tidak paham konsep 25,83%. Penyebab miskonsepsi yang dialami pada peserta didik SMP N 1 Sumberejo dan SMP N 2 Sumberejo, diperoleh dari hasil wawancara pendidik dan peserta didik. Penyebab miskonsepsi antara lain pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik tidak sesuai dengan konsep yang sudah disepakati ahli, penjelasan yang mereka dapat dari internet belum tentu benar, pendidik yang tidak menguasai konsep dengan baik sehingga salah pengertian dan diteruskan kepada peserta didik, peserta didik yang tidak memahami materi yang disampaikan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, dan penggunaan bahasa dalam buku pelajaran  tersebut sulit dipahami oleh pendidik dan peserta didik.

Keywords: Fotosintesis, Miskonsepsi, Soal Esai

Article Details

How to Cite
Haka, N. B., Muriana, A., & Supriyadi, S. (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Fotosintesis Menggunakan Soal Esai Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.17-23

References

  1. Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
  2. Ariyastuti, Yunita, and Fitri Yuliawati, (2017). Identifikasi miskonsepsi ipa menggunakan soal esai bagi siswa cerdas istimewa di sd muhammadiyah condongcatur sleman. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 27-24 . https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9608.
  3. Dylan Trotsek. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi ipa semester genap pada siswa kelas viii. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–169.
  4. F Fajriana, N., Abdullah, A., & Safrida, S. (2017). Analisis miskonsepsi buku teks pelajaran biologi kelas xi semester 1 sman di kota banda aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1071
  5. Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan tes diagnostik two-tier multiple choice untuk menganalisis miskonsepsi siswa kelas x pada materi archaebacteria dan eubacteria. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270
  6. Kurniati, R. M., & Ihsan, H. (2018). Miskonsepsi siswa sekolah menengah pertama (smp) terhadap bilangan bulat, operasi dan sifat-sifatnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–7.
  7. Murni, D. (2013). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa pada konsep substansi genetika menggunakan certainty of response index (cri). Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 205–212.
  8. Mustaqim, T. A. (2015). Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode certainty of response index (cri) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Jurnal Edusains, 6(2), 145–52.
  9. Putri, R. K., Harahap, F., (2016). Analisis miskonsepsi siswa pada konsep fotosintesis menggunakan two tiers multiple choice diagnostic tests. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA, 3(1), 920–924.
  10. Roosyanti, A. (2017). Identifikasi miskonsepsi konsep fotosintesis melalui two-tier diagnostic test dan wawancara diagnostik. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 203–214. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.37.
  11. Sari, S. P. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Ipa Biologi Semester Genap Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Tanjung Raa. (Skripsi, Universitas Lampung, Indonesia).
  12. Setiawati, G., Arjaya, I., & Ekayanti, N. (2014). Identifikasi miskonsepsi dalam materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan pada siswa kelas ix smp di kota denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 03(02), 17-31.
  13. Siswana, R., Armen, & Helendra. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi fotosintesis pada siswa kelas ix smpn 7 padang menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Jurnal Biosains, 1(2), 277–284.
  14. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta Bandung.