Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan panduan praktikum genetika materi DNA berbasis inkuiri terbimbing agar layak digunakan pada kegiatan praktikum. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian & Pengembangan/ R & D (Research and Development), model ADDIE. Tahapan analisis dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan mahasiswa dalam memahami materi DNA. Tahapan desain meliputi perancangan tampilan panduan dan isi. Tahap selanjutnya adalah pengembangan dan validasi produk. Validasi produk bertujuan untuk menilai kelayakan produk yang dilakukan oleh validator media dan materi. Setelah validasi produk, selanjutnya dilakukan uji coba pada kelompok kecil  (melibatkan 6 mahasiswa) dan uji coba kelompok besar (melibatkan 15 mahasiswa. Uji coba produk bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap panduan praktikum yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan menggunakan pengukuran skala likert. Hasil validasi materi adalah 66,67% (kategori baik) dan validasi media adalah 88% (sangat baik). Hasil uji coba pada kelompok kecil adalah  88,16% (kategori sangat baik) dan hasil uji coba pada kelompok besar 84,40% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum genetika berbasis inkuiri terbimbing pada materi DNA layak untuk digunakan pada kegiatan praktikum.

Keywords: DNA, Inkuiri terbimbing, Panduan, Praktikum

Article Details

How to Cite
Rz, R. I., Siburian, J., & Hamidah, A. (2022). Uji Kelayakan Panduan Praktikum Genetika Materi DNA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 24–32. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.24-32

References

  1. Adalikwu, S. A., & Iorkpilgh, I. T. (2013). The influence of instructional materials on academic performance of senior secondary school students in chemistry in cross river state. Global Journal of Educational Research, 12(1), 39–45. https://doi.org/10.4314/gjedr.v12i1.6
  2. Agustina, E. S. (2011). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
  3. Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
  4. Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis guided inquiry untuk mengopimalkan hands on mahasiswa semester ii program studi pendidikan fisika universitas muhammadiyah purwokerto tahun akademik 2013/2014. Radiasi, 5(1), 24–28. https://doi.org/10.1177/1477370812440064
  5. Budiarti, W., & Oka, A. A. (2014). Pengembangan petunjuk praktikum biologi berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) untuk siswa sma kelas xi semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 123–130.
  6. Kartikasari, Y., Widodo, M., & Karomani. (2015). Kelayakan isi dan bahasa pada buku teks bupena bahasa indonesia kelas vii. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–9.
  7. Mariyam, S., Lestari, R., & Afniyanti, E. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Kuntodarussalam Tahun Pembelajaran 2014/2015. 1–4. Universitas Pasir Pengaraian.
  8. Muamar, M., & Rahmi, R. (2017). Analisis keterampilan proses sains dan keterampilan kognitif siswa melalui metode praktikum biologi pada sub materi schizophyta dan thallophyta. Jurnal Pendidikan
  9. Almuslim, 5(1), 116954.
  10. Muljono, P. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP Media Komunikasi Dan Dialog Standar Pendidikan,.
  11. Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-rus Media.
  12. Nurlaila, L., Sriyati, S., & Riandi. (2017). Analizing student biology education misconception and scientific argumentation ability using diagnostic question clusters (dqcs) of molecular genetic concept. Journal of Physics: Conference Series, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
  13. Nurussaniah, & Nurhayati. (2016). Pengembangan penuntun praktikum fisika dasar 1 berbassis guided inquiry untuk meingkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF, V, 63–68. Pontianak. https://doi.org/doi.org/10.21009/0305010214
  14. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Pres.
  15. Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan petunjuk praktikum mikrobiologi program studi pendidikan biologi. Jurnal Biota, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.19109/biota.v3i1.1041
  16. Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
  17. Rismawati, E., Widodo, M., & Agustina, E. S. (2015). Kelayakan penyajian buku teks mahir berbahasa indonesia kelas vii smp/mts kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa,Sastra, Dan Pembelajarannya, 1–10.
  18. Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
  19. Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan aspek media dan bahasa dalam pengembangan buku ajar dan multimedia interaktif biologi sel. Jurnal Florea, 3(2), 9–14. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208734
  20. Sari, T., Hasnunidah, N., & Marpaung, R. R. T. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Energi Dalam Sistem Kehidupan dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI). (1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id
  21. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  22. Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing ( guided inquiry ) dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa. Saintifika, 18, 59–63.
  23. Suparman, Badjuri, & Anwar, K. (2018). Keefektifan model pembelajaran pbl terhadap peningkatan prestasi belajar dimensi tiga pada siswa kelas xii ipa. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(2), 116–128.
  24. Uzlifat, U., Mustami, M., & Karim, H. (2018). Pengembangan penuntun praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas xi sma. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1–4.
  25. Widiana, R., Susanti, D., Susanti, S., & Sumarmin, R. (2019). Keterlaksanaan tahapan inkuiri terbimbing pada pengembangan penuntun praktikum fisiologi hewan. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(1), 23–27.
  26. Yerimadesi, Bayharti, Jannah, S. M., Lufri, Festiyed, & Kiram, Y. (2018). Validity and practitality of acid-base module based on guided discovery learning for senior high school. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012097
  27. Yuliani, S., Tindangen, M., & Rambitan, V. (2017). Analisis permasalahan guru terkait perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran ipa dan pemecahannya. Jurnal Pendidikan, 2(4), 535–539.