Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat di dunia pendidikan lebih khusus pada media pembelajaran 3D. Media pembelajaran 3D dapat dijadikan sebagai sarana untuk peserta didik dalam menyampaikan informasi dan memberikan pemahaman materi yang terdapat di dalam buku. Media 3 Dimensi merupakan media tiruan yang objeknya seolah-olah berbentuk real/nyata tanpa harus menggunakan alat bantu khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran 3D pada konse teori sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan langkah Research and Development. Uji coba produk dengan 16 sampel di dapatkan skor persentase 81,87% yang artinya sangat layak digunakan, sedangkan uji coba pemakaian dengan 21 sampel didapatkan skor persentase 79,76%. Jadi, media 3 Dimensi berbasis Android ini layak digunakan dan dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran.
Keywords: 3 dimensi, Media pembelajaran, Sistem ekskresi
Article Details
Copyright (c) 2022 Mia Ayu Pratiwi, Benny Afandi, Diah Sudiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Andriani, S., Ramadhona, R. & Tambunan, L. D. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbantuan Softwere Sigil Pada Materi Geometri Dengam Permasalahan Kontekstual Kelas XI SMK. Student Online Journal, 1(2), 692–700.
- Arikunto. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran biologi menggunakan teknologi augmented reality (ar) berbasis android pada konsep sistem saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019
- Bintarawati, D., & Citriadin, Y. (2020). Implementasi kelas virtual dengan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar kimia di sma negeri bekasi. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2573
- Meslilesi, M. I., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2017). Penerapan Augmented reality sebagai media pembelajaran virus dalam mata pelajaran biologi kelas x sma ( Studi Kasus : S MA Negeri 7 Pontianak ). 5(2), 80–84.
- Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57–69. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786
- Agushinta, D., & Satria, A. (2018). Pembelajaran 3D Sistem ekskresi manusia berbasis virtual reality dan android. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(4), 381–388. https://doi.org/10.25126/jtiik.201854665
- Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
- Sahertian, J., & Helilintar, R. (2017). Pengembangan aplikasi mobile augmented reality sebagai media pembelajaran biologi materi sel. Jurnal Sains Dan Informatika, 3(1), 49–53. https://doi.org/10.34128/jsi.v3i1.70
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA
- Yuniarti, Felintina. 2011. Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
- Yuningsih, F., Hadi, A., & Huda, A. (2014). Rancang bangun animasi 3 dimensi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran menginstal PC. Jurnal Voteteknika, 2(2), 36-40.
References
Andriani, S., Ramadhona, R. & Tambunan, L. D. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbantuan Softwere Sigil Pada Materi Geometri Dengam Permasalahan Kontekstual Kelas XI SMK. Student Online Journal, 1(2), 692–700.
Arikunto. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran biologi menggunakan teknologi augmented reality (ar) berbasis android pada konsep sistem saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019
Bintarawati, D., & Citriadin, Y. (2020). Implementasi kelas virtual dengan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar kimia di sma negeri bekasi. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2573
Meslilesi, M. I., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2017). Penerapan Augmented reality sebagai media pembelajaran virus dalam mata pelajaran biologi kelas x sma ( Studi Kasus : S MA Negeri 7 Pontianak ). 5(2), 80–84.
Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57–69. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786
Agushinta, D., & Satria, A. (2018). Pembelajaran 3D Sistem ekskresi manusia berbasis virtual reality dan android. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(4), 381–388. https://doi.org/10.25126/jtiik.201854665
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sahertian, J., & Helilintar, R. (2017). Pengembangan aplikasi mobile augmented reality sebagai media pembelajaran biologi materi sel. Jurnal Sains Dan Informatika, 3(1), 49–53. https://doi.org/10.34128/jsi.v3i1.70
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA
Yuniarti, Felintina. 2011. Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Yuningsih, F., Hadi, A., & Huda, A. (2014). Rancang bangun animasi 3 dimensi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran menginstal PC. Jurnal Voteteknika, 2(2), 36-40.