Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap dampak proses pembelajaran online dan mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan persepsi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain 3D, yaitu Define, Design dan Develop. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di kota dan kabupaten Serang, Provinsi Banten. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebar secara online melalui Google Form dan dianalisis secara statistik. Hasil pengisian angket menunjukkan persepsi siswa terhadap pembelajaran online menunjukkan nilai rataan 2,35 yang berarti siswa memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran daring. Pengembangan perangkat pembelajaran harus memperhatikan hasil angket persepsi siswa terhadap proses pembelajaran online. Penggunaan Learning Management System (LMS) yang bervariasi dapat menumbuhkan motivasi dan proses belajar Akan tetapi penggunaannya masih memiliki kelemahan terkait paket data dan jaringan internet yang tidak stabil di masing-masing daerahnya.

Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran online, Persepsi siswa, Perangkat pembelajaran

Keywords

Pandemi Covid-19 Pembelajaran online Persepsi siswa Perangkat pembelajaran

Article Details

How to Cite
Khaerani, S., Rahman, A., & Khastini, R. O. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Virus Berdasarkan Persepsi Siswa Selama Pandemi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 65–73. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.65-73

References

  1. Alim, N., W. Linda., F. Gunawan., & M. S. M. Saad. (2019). The effectiveness of google classroom as an instructional media: a case of state islamic institute of kendari, indonesia. Humanities & Social Sciences Review, 7(2): 240—246. doi: 10.18510/hssr.2019.7227
  2. Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3): 282—289. Doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
  3. Ariyansyah, A. (2018). Penerapan Beberapa keterampilan abad 21 melalui metode kuliah lapangan (field trip) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran taksonomi tumbuhan tingkat rendah. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.33627/oz.v7i1.11
  4. Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online – offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
  5. Basar, A.M. 2021. Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di smpit nurul fajri- cikarang barat- bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1): 208—2018. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
  6. Buheji, M., & Buheji, A. (2020). Characteristics of ‘problem-based learning’ in post-covid-19 workplace. Human Resource Management Research, 10(2), 33–39. https://doi.org/10.5923/j.hrmr.20201002.02
  7. Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. iq (ilmu al-qur’an). Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
  8. Darmawan, F. (2015). Pengukuran tingkat kepuasan pemanfaatan e-learning (studi kasus: e-learning if unpas). Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(4): 63—71
  9. Diva, A, S., Ananda, A, C., & Tuhfah, H, M. (2021). Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1): 1—10.
  10. Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I.,
  11. Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to covid-19 in indonesia: period of january to march 2020. Progress in Disaster Science, 6, 100091. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091
  12. Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas iii sd. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
  13. Firdaus, M & I. Wilujeng. 2018. Pengembangan lkpd inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 4(1): 26—40
  14. Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070
  15. Handarini, O. I., Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3): 496-503
  16. Karim, M. T., Supriawan, D., & Sukrawan, Y. (2016). Penggunaan multimedia berbasis video untuk meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi kejuruan teknik mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 214. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4553
  17. Khastini, R. O., Maryani,. N, Wahyuni, I., Leksono, S. M. & Lantafi, N. P. T. (2021). Assisting student knowledge and critical thinking by e-learning media: post-harvest fungi poster.cypriot Journal of Educational Science, 16(4), 1479-1491. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i4.6002
  18. Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (bdr) selama pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
  19. Linjawi, A. I., & Alfadda, L. S. (2018). Students' perception, attitudes, and readiness toward online learning in dental education in saudi arabia: A Cohort Study. Advances in Medical Education and Practice, 9, 855–863. https://doi.org/10.2147/amep.s175395
  20. Maknuni, J. (2020). Pengaruh media belajar smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 2(2): 94—106
  21. Mulyani, S. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning guna meningkatkan hasil belajar ipa di masa pandemi covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489
  22. Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Students’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101
  23. Nilayani, S.A P. 2020. Survei kepuasan siswa terhadap proses belajar daring selama pandemi covid-19. Cetta: Jurna Ilmu Pendidikan, 3(3): 453—462.
  24. Nugroho, W. 2021. Kepuasan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan microsoft teams dan video youtube pada materi program linier. Jurnal THEOREMS, 5(2): 111—121.
  25. Pahamzah, J., Syafrizal., Y. Juniardi & P.M. Sukaenah. (2020). Quizizz as a students’ reading comprehension learning media: a case study at eleventh grade of dwi putra bangsa vocasional school in cimanggu. International Journal of English and Linguistics Research, 8(5): 27—33.
  26. Purwanto, A., R. Pramono., M. Asbari., P.B Santoso., L. M. Wijayanti., C.C Hyun., & R.S. Putri. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1): 1—12.
  27. Rahmi, R. (2020). Inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19. al-tarbiyah: jurnal pendidikan, 30(2): 111—123
  28. Rosali, E. S. (2020). Aktifitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di jurusan pendidikan geografi universitas siliwangi tasikmalaya. Geographhy Science Education Journal, 1(1): 21—30
  29. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
  30. Saiful, N. I., Rudiyansyah, R., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pendemi covid-19 (studi kasus pada mata pelajaran sosiologi di sman 20 gowa). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539
  31. Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
  32. Simatupang, N. I., S. R.I. Sitohang., A.P. Situmorang & I. M.
  33. Simatupang. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2): 197—203
  34. Tanjung, R., T. Ritonga & E. Y. Siregar. (2021). Aalisis minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di desa ujung batu barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1): 88—96.
  35. Turnbull, D., R. Chugh., & J. Luck. (2019). Learning Management Systems: An Overview. Doi: 10.1007/987-3-319-60013-0_248-1
  36. Ventayen, R. J. M., Estira, K. L. A., & Guzman, M.J.De., Cabaluna, C.M., & Espinosa, N. N. (2018). Usability evaluation of google classroom: basis for adaptation of gsuite e-learning platform. Asia Pasific Journal of Education, Arts and Sciences, 5(1): 47—51.
  37. WHO. 2020. WHO Timeline – COVID-19 diakses dari : https://www.who.int/news-room/detail/27-04-2020-who-timeline---covid-19 diakses 29 Agustus 2020, pk. 10.34
  38. Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di smk negeri 1 saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
  39. Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad 21.1—18