Main Article Content

Abstract

Analisis kebutuhan ini bertujuan mengetahui kebutuhan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri Palembang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang diambil dari ketiga SMA Negeri Palembang. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di ketiga SMA. Jumlah peserta didik dari SMA Negeri 4 Palembang adalah  68 orang, dari SMA Negeri 9 Palembang berjumlah 72 orang, , dan dari SMA Negeri 19 Palembang berjumlah 80 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar angket, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis kebutuhan dari ketiga SMA Negeri Palembang bahwa harapan guru dan peserta didik dibuatkan bahan ajar E-Book 6%, E-Modul 24%, E-LKPd 37%, Media 3 dimensi 9%, dan Video Pembelajaran 24% sehingga yang paling tinggi harapan dibuatkan E-LKPd berbasis model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi bakteri.

Article Details

How to Cite
Yusnita, D., & Astriani, M. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Model PBL Di SMA Negeri Palembang. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 147–153. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.147-153

References

  1. Abd.Rachman, F., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Mata Pelajaran Kimia di SMA. ALKIMIA : Jurnal Ilmu Kimia Dan Terapan, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.19109/alkimia.v1i1.1326
  2. Anjarsari, P. (2014). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam Pembelajaran IPA. Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013, 1–10. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/putri-anjarsari-ssi-mpd/pentingnya-melatih-keterampilan-berpikir-critical-thinking-dalam-pembelajaran-ipa-smp.pdf
  3. Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Validitas Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805
  4. Asiyani, Y. (2019). pengembangan handout berbasis eletronik menggunakan teknik mnemonik akrostik pada materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik kelas X di sma / ma. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
  5. Bilfaqih, Y., & Qomarudin, N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Deepublish. (January), 2.
  6. Fatimah, R. (2018). Pengaruh Implementasi Metode Celamah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Siswa Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Ma’arif 2 Sleman. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
  7. Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan analisis e-lkpd (elektronik - lembar kerja peserta didik) berbasis multimedia pada materi mengoperasikan software spreadsheet. Skripsi, (Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta), Yogyakarta.
  8. Helaluddin, H. (2018). Analisis Kebutuhan Dalam Redesain Silabus (Rps) Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2464
  9. Helmiati. (2014). Model Pelmbelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  10. Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Development Of Physics E-LKPD ( Electronic Worksheets ) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing And Rotation Dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2), 36–43.
  11. Ihsanudin, M. (2019). Proses Pembelajaran. 3. https://doi.org/10.31227/osf.io/m8vpb
  12. Kemendikbud. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. 14–16.
  13. Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Panduan MembuatBahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
  14. Lai, E. (2011). Critikal Thingking A Literature Review. Reserch Report.
  15. Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, 5(1), 42–57.
  16. Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., … Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  17. Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1).
  18. Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. Perpustakaan IAI Agus Salim.
  19. Sri Sulistyorini, Harmanto, Zaenal Abidin, J. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Dan Literasi Siswa Sd Di Kota Semarang. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Dan Literasi Siswa Sd Di Kota Semarang, 9(1), 21–30.
  20. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. https://doi.org/10.1016/S0084-3970(08)79262-4
  21. Supriyo, S. (2015). Pengaruh Buku Teks Dan Cetak Terhadap Hasil Belajar Di Sma N I Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur Pada Kelas Xii. Ips Tahun Pelajaran 2013/2014. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 83–92. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.145
  22. Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268.
  23. Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225.