Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan model pembelajaran tipe GI (Group Investigation). Jenis penelitian ini adalah true experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa XI IPA yang berjumlah 133 orang, yang terbagi dalam tiga kelas, 2 kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data analisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan model pembelajaran tipe GI (Group Investigation). Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation) lebih menarik dan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Kontrol.

Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran tipe STAD, Pembelajaran tipe GI

Keywords

Keywords Hasil Belajar Pembelajaran tipe STAD Pembelajaran tipe GI

Article Details

Author Biography

Meti Herlina, Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Nama: meti herlina Pangakat/gol: Penata Muda Tingkat I/ IIIb pekerjaan: Dosen Bindang Ilmu: Pendidikan Biologi Departemen: Universitas Muhammadiyah Bengkulu
How to Cite
Herlina, M., Lubis, R., & Agustiana, U. (2022). Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Tipe STAD Dan Pembelajaran Tipe GI. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 93–100. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.93-100

References

  1. Ariani,T., & Agustini, D. (2017). Perbedaan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran STAD dan tgt di smp negeri air lesing. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 13(3), 209-2017.
  2. Baroto, A. (2008). Overview of cooperative learning definition. Journal Science and Technology, 37(9), 415-440.
  3. Handoyono, N.A. (2016). Pengaruh inquiry learning dan problem based learning terhadap hasil belajar pkkr ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 31-42.
  4. Lumampow, K., Repi Rudi,A., & Tanor,M. (2017). Pengaruh model pembelajaran gi terhadap hasil belajar biologi siswa sma negeri 1 touluaan. Jurnal Sains, Matematika dan Edukasi, 5(2),149-154.
  5. Mayasari, A., Akman, & Nurhayati. (2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan lks terhadap hasil belajar ipa fisika siswa kelas vii smp n 8 padang. Jurnal Pillar Of Physics Education Pendidikan Fisika, 2(1), 145-152.
  6. Muliyantini, N., & Parmiti, P. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigation. jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(2), 91-98.
  7. Rima, Y., Mawardi., & Suhandi, A. (2018). Perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model STAD dan tgt siswa kelas 4 sd. Journal of Teaching in Elementary Education, 2(1), 75-84.
  8. Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  9. Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
  10. Sari, E., & Zamifa, H. (2014). Pengaruh model pemeblajaran kooperatif tipe gi terhadap hasil belajar siswa pda materi sistem pernapasan di kelas xi ipa sma nurul falah pekanbaru tahun ajaran 2013/2014. Lectura:Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-9.
  11. Silalahi,dkk. (2022). Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam di mis ikhwanul mukminin. Academy of Education Journal, 13(1),127-140.
  12. Suartika, K., Aryana, I., & Setiawan, G. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gi terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kreatif siswa sma. E-Journal Program Studi IPA, 3(1), 1-12.
  13. Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Widyanto, P. (2017). Penerapan metode pembelajaran group investigation berbantuan media flanelgraf untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 118-129.
  15. Wirasanti, S., Thomas P., & Setiyani, R. (2012). Efektivitas metode kooperatif STAD terhadap prestasi belajar akuntansi kompetensi dasar jurnal umum. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 1-8.