Main Article Content

Abstract

Media pembelajaran interaktif saat ini bukan lagi hal baru dalam dunia pendidikan. Berbagai pengembangan tentang media pembelajaran interaktif telah banyak dilakukan. Salah satu jenis aplikasi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif adalah iSpring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan/validitas media pembelajaran interaktif yang dikembangakan menggunakan iSpring, 2) respon yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring, dan 3) hasil belajar setelah penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring. Penelitian ini menggunakan metode literature review terhadap beberapa skripsi dan artikel ilmiah dari penelitian terkait. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengidentifikasi data hasil penelitian-penelitian terdahulu yang sejenis untuk mengetahui kelayakan media, respon terhadap penggunaan media dan hasil belajar setelah menggunakan media. Kemudian, dilakukan analisis dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan iSpring ini layak dikembangkan. Selain itu, pemanfaatan iSpring dalam pembuatan media pembelajaran interaktif juga meningkatkan motivasi serta respon dan hasil belajar siswa, karena dilengkapi gambar, audio, dan juga video.

Keywords: Android, I-Spring, Media Pembelajaran Interaktif, Studi Literatur

Article Details

How to Cite
Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106

References

  1. Agustina, Wahyu. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis I-Spring Dengan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mapel IPS Kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang (Skripsi, Universitas Negeri Semarang) Retrivied from http://lib.unnes.ac.id/42193/
  2. Alfiyansah, Rudi. (2016). Penggunaan media pembelajaran i-spring presenter untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada mata kuliah keperawatan dasar nutrisi. PEDAGOGIA, 14(2), 363-369. doi: 10.17509/pedagogia.14i2.3886.
  3. Alfin, L. F., & Listiadi, A. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis ispring suite 8 sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 58-66.
  4. Alifa, Nur. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pematang Gajah (Skripsi, UIN Jambi) Retrivied from http://repository.uinjambi.ac.id/8525/
  5. Amelia, Lamia. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan iSpring Suite 8 Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA (Skripsi, Universitas Jambi) Retrivied from https://repository.unja.ac.id/23898/
  6. Anistalidia. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis iSpring Suite 9 Pada Pembelajaran Fisika (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) Retrivied from http://repository.radenintan.ac.id/16805/
  7. Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  8. Budiharti, R., & Waras, N. S. (2018). Analysis of student’s scientific attitude behaviour change effects blended learning supported by i-spring suite 8 application. Journal of Physics: Conference Series, 1022 (1) doi: 10.1088/1742-6596/1022/1/012024.
  9. Cahyawati, E. N., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis android pada aplikasi i-spring untuk siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5 (1), 536-545.
  10. Dalimunthe, S. K., & Roza, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Presenter Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Minyak Bumi. Prosiding Seminar Kimia, 159-165.
  11. Dasmo, D., Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan hasil belajar fisika melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite 9. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1 (1), 99-102.
  12. Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25. doi: 10.31943/mathline.v5i1.126.
  13. Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint danispring di android untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran ipa di kelas 3 sd. mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 61-69. doi: 10.19105/mubtadi.v3i1.4804.
  14. Ishak, D., Suherman, U., Maskur, M., & Margana, A. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran i-spring presenter untuk meningkatkan kemampuan tahfizh al-qur’an di pesantren persis tarogong. Teknologi Pembelajaran, 5(1), 964-973. doi: 10.17509/ghm.v3i1.28386.
  15. Kartiningrum, E. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Mojokerto: Poltekes Majapahit.
  16. Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  17. Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan Powerpoint Terintegrasi Dengan iSpring Presenter Sebagai Media Pembelajaran Ict. Eksponen, 9(1), 79-85. doi: 10.47637/eksponen.v9i1.251
  18. Muchtar, F. Y., & Nasrah, N. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis ispring presenter untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520-5529. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1711.
  19. Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  20. Oktaviani, Ignatia A. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Microsoft Powerpoint Terintegrasi Ispring Suite Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI SMA (Skripsi, Universitas Sanata Dharma) Retrivied from https://repository.usd.ac.id/40285/
  21. Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  22. Rusyani, H., Hermana, D., & Hamdani, N. A. (2016). Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dengan i-spring presenter untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Pedagogia, 14(2), 333-34. doi: 10.17509/pedagogia.v14i2.3882.
  23. Safitri, E. (2021). Studi Literatur: Pengembangan media pembelajaran dengan video animasi powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-80. doi: 10.53621/jippmas.v1i2.12.
  24. Saripudin, Asep. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Abk. Diakses dari www.repository.upi.edu pada tanggal 10 April 2022
  25. Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamilah, J. (2018). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 462-485.
  26. Viviandri, V., Hamdi, H., Akmam, A., & Mufit, F. (2020). Validitas multimedia interaktif berbantuan i-spring suite 8 berdasarkan edupark fisika untuk siswa sma kelas x. Pillar Of Physics Education, 13(2). 305-312.
  27. Wulandari, R. D. (2021). Pengembangan media interaktif powerpoint berbantuan aplikasi i-spring untuk menumbuhkan karakter mandiri siswa sdn 1 gedangan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 556-560.
  28. Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan media interaktif berbasis ispring materi sistem pencernaan manusia kelas v di sdn ciptomulyo 3 kota malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85-94. doi: 10.21067/jip.v8i2.2647.