Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap Tindakan terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Subyek penelitiannya adalah 28 peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 6 Wewewa Timur. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan test. Hasil belajar afektif diukur menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik. Rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 72,86 meningkat menjadi 81,25 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 57% pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Hasil belajar afektif peserta didik pada siklus I adalah 33% dan siklus II adalah 83% termasuk dalam
kategori tinggi. Hasil kuesioner motivasi menunjukkan peningkatan sebesar 28% ( kategori tinggi) dan 71% (kategori sedang) sebelum dilaksanakan siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75% (kategori tinggi) dan 25% (kategori sedang). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran yangmembuat peserta didik lebih nyaman dan tertarik dalam proses pembelajaran agar hasil belajar peserta didik meningkat.

Article Details

How to Cite
Mangngi, S. E., Lalupanda, E. M., & Hada Enda, R. R. (2022). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP N 6 Wewewa Timur. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 154–159. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.154-159

References

  1. Al-Hafidh, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMPN 3 Mutiara Kabupaten Pidie.
  2. Asriningtyas, Anastasia, N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd. JIPMat, 3(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
  3. Banjarani, T., Putri, A. N., Eka, N., & Hindrasti, K. (2020). Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi. 3.
  4. Dewantara, D. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa (studi pada siswa kelas V sdn pengambangan 6 banjarmasin). Jurnal Paradigma, 11(2), 41–44.
  5. Dewi, P., Sadia, I. W., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12
  6. Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017a). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35.
  7. Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017b). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 05, Issue 01). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
  8. Husen, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Bioedukasi Universitas Khairun, 3(2), 367–372.
  9. Kharida, L. A., & Rusilowati, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83–89. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1015
  10. Nardin, Muris, & Tawil, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat Belajar Dan Penguasaan Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 26 Makassar. Sains Dan Pendidikan Fisika, 70, 117–127.
  11. Nurshita, E. (2018). Keterampilan proses sains (kps) siswa melalui model pembelajaran. 34.
  12. putra. (2013). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Sirkulasi Kelas Xi Ipa 1 Sma Pangudi Luhur ST. LOUIS IX SEDAYU. 3, 4–5.
  13. Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52–56. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1070
  14. sholihah, ika. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas Vii Smp Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2 (1).
  15. Siswanto, Maridi, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 53–59.
  16. Sukiswo, S. ., Subali, B., & Setyorini, U. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP U. 54.
  17. Suroso, Sunarso, A., & Sugianto. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Primary Education, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.15294/jpe.v4i1.6922
  18. Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2012). Implementation of new technology - The regulator’s perspective. SAE Technical Papers, 7, 5–9. https://doi.org/10.4271/902340
  19. Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
  20. Zainal, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur.