Main Article Content

Abstract

Dinamika pembelajaran yang dialami siswa selama pandemi Covid19 memunculkan kekhawatiran akan terjadinya fenomena learning loss. Learning loss adalah sebuah kondisi hilangnya sebagian kecil atau sebagian besar pengetahuan dan keterampilan dalam perkembangan akademis, yang biasanya diakibatkan oleh terhentinya proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Melalui
studi kepustakaan, penelitian ini akan memberikan pemaparan mengenai konsep learning loss, yang dikaitkan dengan kondisi pembelajaran masa pandemi covid-19 sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan prosedur: (1) memilih
topik, (2) mengeksplorasi informasi dari topik terpilih, (3) menentukan fokus penelitian dari hasil eksplorasi informasi, (4) membaca sumber-sumber yang relevan dengan fokus penelitian, (5) membuat dan (6) mengolah catatan penelitian, serta (7) menyusun laporan dalam bentuk artikel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan memanfaatkan sumber data sekunder seperti buku, artikel
ilmiah, dan website. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis melalui metode analisis konten. Dari penelitian diperoleh hasil sekaligus kesimpulan bahwa learning loss
yang terjadi pada siswa sesungguhnya tidak semata diakibatkan oleh situasi pandemi, namun akibat tidak efektifnya pembelajaran secara umum. Tidak efektifnya pembelajaran sudah terjadi di masa sebelum pandemi. Hanya saja hadirnya pandemi dianggap akan semakin memperparah kejadian learning loss pada siswa.

Article Details

How to Cite
Marera, A. (2022). Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss Pada Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 160–172. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.160-172

References

  1. Adhiansyah, Y. (2022). Learning Loss Semakin Besar Akibat Pandemi Covid-19, Ini Cara Mengejarnya. Retrieved from https://edukasi.okezone.com/read/2022/03/24/624 /2567103/learning-loss-semakin-besar-akibat-pandemi-covid-19-ini-cara-mengejarnya.
  2. Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno. (2021). Learning Failures and Barriers in School During a Pandemic at Indonesia: A Literature Review. Education and Economics Science Meet, Vol.1, 160 – 165.
  3. Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran Di Sekolah Selama Pandemi Di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7 (2), 464 – 473.
  4. Alam, S. (2020). Mitigasi Learning Loss. Retrieved from https://mediaindonesia.com/opini/344616 /mitigasi-learning-loss.
  5. Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang 29 Juli 2021, 1 (1), 484 – 501.
  6. Arifianto, E. Y., Yuana, P., Andriani, R. D., & Rahmawan, T. I. (2021). Inovasi Pembelajaran Sekolah Sebagai Upaya Mengurangi Learning Loss Selama Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara, 21 Oktober 2021, 943 – 952.
  7. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Azmi, F. F. (2020). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh?. Retrieved from https:/ /www.its.ac.id/news/2021/10/04/learning-loss-akibat-pembelajaran-jarak-jauh/.
  9. Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R.N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607-3613.
  10. Chen, L., Dorn, E., Sarakatsannis, J., & Wiesinger, A. (2021). Teacher Survey: Learning Loss in Global and Significant. New York City: McKinsey Global Publishing.
  11. Destiani, D. M. (2021). Bahaya Learning Loss Pada Anak Usia Dini Akibat Tak Sekolah Selama Pandemi. Retrieved from https://retizen.republika.co.id/posts/12939/bahaya-learning-loss-pada-anak-usia-dini-akibat-tak-sekolah-selama-pandemi.
  12. Djuanda, E. L. (2021). “Learning Loss” Dampak Pandemi Covid-19. Retrieved from https:// disdikkbb.org/news/learning-loss-dampak-pandemi-covid-19/.
  13. Dorn, E., Hancock, B., Sarakatsannis, J., & Viruleg, E. (2020). Covid-19 and Learning Loss: Disparities Grow And Student Need Help. New York City: McKinsey Global Publishing.
  14. Dorn, E., Hancock, B., Sarakatsannis, J., & Viruleg, E. (2021). Covid-19 and Education: The Lingering Effect of Unfinished Learning. New York City: McKinsey Global Publishing.
  15. Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. (2021). Learning Loss Due to School Closures During The Covid-19 Pandemic. PNAS: Proceeding of the National Academy of Sciences of the United States of America, 27 April 2021, 118(17), 1-100.
  16. Hadi, B. (2021). Fenomena Learning Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, (6) 4, 290 – 296.
  17. Haris, A., Sentaya, I.M., & Sulindra, I. G. M. (2022). Keterampilan Guru Abad 21 dalam Mengurangi Learning Loss Pada Peserta Didik (Kajian Fenomenalogis di SMA Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8 (1), 628 – 638.
  18. Kaffenberger, M. (2021). Modeling the Long-Run Learning Impact of The COVID-19 Learning Shock: Actions to (more than) Mitigate Loss. International Journal of Educational Develoment, 81 (2), 1-8.
  19. Kingman. (2021). Learning Losses from Covid-19 Could Cost This Generation of Students Close to $17 Trillion in Lifetime Earnings. Retrieved from https://www.unicef.org/press-releases/learning-losses-covid-19-could-cost-generation-students-close-17-trillion-lifetime.
  20. KPAI. (2021). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Penilaian Jarak Jauh Berbasis Pengaduan KPAI. Retrieved from https://bankdata.kpai.go.id /files/2021/02/Paparan-Survei-PJJ-KPAI-29042020_Final-update.pdf.
  21. Krippendoff, K. (1993). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.
  22. Mahsun, M., Ibad, T. N., & Nurissurur, A. (2020). Model Belajar Synchronous dan Ansynchronous dalam Menghadapi Learning Loss. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (1), 123 – 139.
  23. Mas’udi, W. & Winanti, P.S. 2020. New Normal: Perubahan Sosial Ekonomi Politik Akibat Covid-19. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  24. Meinck, S. Fraillon, J., & Strietholt, R. (2022). The Impact of Covid-19 Pandemic on Education. Paris: IEA.
  25. Munawaroh, E. & Nurmalasari, Y. (2021). Student Resilience After Pandemic: Learning Loss Recovery. Psikoeduko: Jurnal Psikologi Edukasi dan Konseling, 1 (2), 1 – 10.
  26. Noviantari, I. & Faridhoh. (2021). Analisis Learning Loss Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6 (3), 112 – 120.
  27. Nurhadi. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Agriekstensia, 19 (2), 121 – 128.
  28. Oktavian, R. & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Dikdaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2), 129 – 135.
  29. Parenting Indonesia. (2022). Cegah Anak-Anak Jadi Generasi yang Mengalami Learning Loss Akibat Pandemi. Retrieved from https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/cegah-anak-anak-jadi-generasi-yang-mengalami-learning-loss-akibat-pandemi.
  30. Pratiwi, E. & Abduh, M. (2022). Peran Orang Tua Mendampingi Anak Sekolah Dasar Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 6 (4), 6182 – 6189.
  31. Pokhrel, S. & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of Covid-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for The Future, 8 (1), 133-141.
  32. Putranda. (2021). Waspada Dampak Learning Loss Mengintai Selama Pandemi. Majalah Clapeyron, Vol. 65. Retrieved from https://www.clapeyronmedia.com/waspada-dampak-learning-loss-mengintai-selama-pandemi/.
  33. Pratiwi, W.D. (2021). Dinamika Learning Loss: Guru dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 147-153.
  34. Pusat Peneliti Kebijakan Kemdikbud. (2020). Survei Belajar Dari Rumah Tahun Ajaran 2020/2021. Retrieved from http://repositori. kemdikbud.go.id/22367/1/06_200910_Survei_ Belajar_dari_Rumah_kepada_Guru_dan_Siswa_Semester_2020_2021.pdf.
  35. Rahmat, A., Isa, A. H., Ismaniar, & Arbarini, M. 2021. Model Mitigasi Learning Loss Era Covid-19: Studi Pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh. Yogyakarta: Samudra Biru.
  36. Rhamdan, D., Kule, A., & Wahid, S. M. A. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss Pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9 (2), 432 – 446.
  37. Sabarguna, B. S. (2005). Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press.
  38. Santoso, D.H., & Santosa, A. 2020. Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press.
  39. Sovayunanto, R. (2022). Learning Loss dan Faktor-Faktor Penyebab di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 8 (1), 12-17.
  40. Stefani, G. (2021). Jangan Disepelekan, Beginilah Ciri-Ciri Anak Alami Learning Loss Yang Harus Diwaspadai Versi Kolaborasi Sonora Parenting dan Nakita.id. Retrieved from https://nakita.grid.id/read/022791227/jangan-disepelekan-beginilah-ciri-ciri-anak-alami-learning-loss-yang-harus-diwaspadai-versi-kolaborasi-sonora-parenting-dan-nakitaid?page=all.
  41. Tohar, M. (2020). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5 (2), 166 – 170.
  42. Wicaksono, K.P. (2022). Hubungan Antara Learning Loss dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 7 (1), 43 – 57.
  43. Wisarja, I. K. & Sudarsana, I.K. (2017). Refleksi Kritis Ideologi Pendidikan Konservatif dan Liberalisme Menuju Paradigma Baru Pendidikan. Journal of Education Research and Evaluation, 1 (4), 283 – 291.
  44. Yaniawati, R.P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). Disajikan pada acara “Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan” di Lingkungan Dosen FKIP Universitas Pasundan Bandung, 14 April 2020.
  45. Yarrow, N., Masood, E., & Afkar, R. (2020). Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia: How to Turn the Tide. Jakarta: World Bank.