Main Article Content

Abstract

Masalah utama yang terjadi yaitu kemampuan berpikir kreatif peserta didik setiap indikatornya masih rendah, hal ini dapat dilihat dari data hasil pra-penelitian berupa tes soal essay. Hasil wawancara pada salah satu guru yang ada di sekolah menyatakan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru di sekolah sudah baik, namun perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat dijadikan perantara dalam berkolaborasi, berkomunikasi, dan membagikan tugas secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis Trello terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimental Research yaitu pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII A-E yang berjumlah 104 dengan sampel 3 kelas yang berjumlah 64 peserta didik  di SMP Negeri 1 Atap Pagelaran Utara. Instrumen penelitian yang digunakan  berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan One Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh model Project Based Learning berbasis Trello terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Keywords

Project Based Learning Trello Berpikir Kreatif

Article Details

How to Cite
Handoko, A., Anggoro, B. S., Intan, S. R. I. R., & Marzuki, M. (2022). Trello : Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 173–180. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.173-180

References

  1. Anik Handayani, & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(4), 1349–1355.
  2. Connie, & Risdianto, E. (2022). MOOCs and Trello Based Blended Learning to Increase Student Involvement. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1001–1008. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1378
  3. Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
  4. Febriani, R., Syarifuddin, H., & Ma. (2021). Pengaruh Pendekatan Open - Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760.
  5. Fratiwi, R., Nurfitriani, & Priyanda, R. (2021). Pengembangan Instrumen Serta Menganalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Secara Matematis Pada Tingkat SMP. Prosiding SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 2(1), 126–132.
  6. George Casella&Roger L.Berger--Statistical Inference. (2002).
  7. Habibah, S. U., Fathani, A. H., & Nursit, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 16(9), 1–9.
  8. Hagi, N. A., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471.
  9. Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2019), 307–314.
  10. Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726
  11. Herlina, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kteterampilan Abad 21 Dengan Model Inquiry Levels Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Bioed, 7(1), 10–18.
  12. Hsm, S. A. A. P., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Kemapuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847
  13. Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project - Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 268. https://doi.org/2407-8530
  14. Johnson, H. A. (2017). Trello Resource Review. Journal of the Medical Library Association, 106(2), 209–211.
  15. Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
  16. Latifah, N., Fauzia, U., & Kelana, J. B. (2020). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596–603.
  17. Luhur, G. P. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Resource Based Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Makassar. 4(1), 1–23.
  18. Mabruroh, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.879
  19. Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
  20. Nugroho, A. tri, Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Journal Bioterdidik, 7(3), 50–58.
  21. Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342
  22. Putri, I. N., Ahied, M., & Rosidi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Natural Science Education Reseach, 2(1), 1–7.
  23. Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.
  24. Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577
  25. Setyowati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Tekanan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Projectbased Learning (Pjbl) Berbantuan Media Zoom Pada Siswa Kelas Viii.2 Smp Negeri 21 Kota Bekasi Tahun Ajaran 2020-2021. JPD: Pedagogiana – Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8), 146–160.
  26. Solikah, S. M. A., Mustangin, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pace Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMPN 4 Kepanjen. JP3, 14(6), 1–7.
  27. Sonia, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437
  28. Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.
  29. Uebe Mansur, A. F., Alves, A. C., & Torres, R. B. (2019). Trello as virtual learning environment and active learning organiser for PBL classes: An analysis under Bloom’s Taxonomy. International Symposium on Project Approaches in Engineering Education, 9, 245–252.