Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Keterampilan Proses Sains. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4-D dari Thiagarajan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pendefenisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) validitas LKPD berbasis keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah  manusia untuk SMP, (2) kepraktisan LKPD berbasis keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah manusia untuk SMP, (3) efektifitas LKPD berbasis keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah manusia untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP. Uji coba produk menggunakan one group pretest-posttest design, yang dilaksanakan di SMPN 14 Makassar kelas VIII9 tahun pelajaran 2019-2020 semester ganjil, dengan jumlah subjek 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid. Berdasarkan respons pendidik dan peserta didik LKPD dikatakan praktis, dan berdasarkan tes keterampilan proses sains dikategorikan efektif.

Keywords

LKPD Keterampilan Proses Sains (KPS)

Article Details

How to Cite
Ramlawati, R., Aisyah, D. M., & Muhiddin, N. H. (2022). Pengembangan LKPD IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan KPS Kelas VIII. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 197–205. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.197-205

References

  1. Arafah, S. F; Priyono, Bambang; Ridlo, Saiful. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal Of Biology Education (UJBE), 75-81.
  2. Aini, Niswatul & Herlina Fitrihidajati. 2020. The Development of Student Wokrksheet Based on Learning Cycle 7E Environmental Pollution Materials to Train Skills of Science Processes. Bioedu. 259-274.
  3. BNSP. 2008. Pedoman Penyususnan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: BNSP.
  4. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Depdiknas.
  5. Devi, P. K. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
  6. Dimyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Tawil, M. 2017. Pengembangan Kurikulum. Makassar: badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
  8. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
  9. Trisari, P.S. & Julianto. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 3. No. 2.
  10. Masithussyifa R. K., M. Ibrahim, & N. Ducha. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses Pada Pokok Bahasa Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan UNESA IPA. Vol.1. No. 1.
  11. Navaara, S., & Tim. 2016. Exploring Integrated Science Process Skills in Chemistry of High School. International (Humanities, Social Sciences and Arts). Vol 9. No. 4.
  12. Prasetyo, Z., & Tim. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Laporan Penelitian DIPA BLU UNY Tahun Anggaran 2010. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  13. Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta : Prenadamedia Group.
  14. Sugianto. 2013. Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Tema Fotosintesis untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah. Skripsi tidak dipublikasikan: Univeritas Negeri Semarang.
  15. Sundayana, W. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  16. Sundayana, R. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  17. Wasis & S. Y. Irianto. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  18. Widayanto. 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui KIT Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 5. No. 1.