Main Article Content
Abstract
Materi virus merupakan salah satu materi biologi yang sulit dipahami oleh peserta didik karena objeknya yang sulit diamati secara langsung. Berbagai bentuk media pembelajaran cetak maupun digital telah dikembangkan untuk membantu mengatasi kesulitan belajar materi virus. Motif batik virus belum pernah dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan motif batik virus berdasarkan hasil validasi ahli dan guru biologi sebagai media pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan mengacu model pengembangan Borg & Gall, namun dibatasi hingga tahap ketujuh, meliputi: research and information collection, planning, developing preliminary form of product, preliminary field testing, revising main product, main field testing, dan revising operational product. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi yang disusun sesuai kepakaran validator. Validator yang dilibatkan adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli batik, dan guru biologi. Data yang diperoleh berupa skor dan saran. Data skor dihitung reratanya dan diinterpretasikan secara deskriptif berdasarkan kriteria tertentu. Data saran dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif batik virus yang dikembangkan memperoleh rerata hasil validasi sebesar 85,34 dari seluruh validator dan memenuhi kriteria valid, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi.
Article Details
Copyright (c) 2024 Mucharommah Sartika Ami, Bayhaqi Syahrul Bahrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms