Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (RnD). Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana mengembangkan LKS konservasi kura-kura sehingga layak digunakan pada materi pembelajaran ekosistem, 2) apakah implementasi LKS hasil pengembangan melalui kegiatan Indoor-Outdoor-Indoor (IOI) dapat meningkatkan kognitif siswa, 3) apakah implementasi LKS hasil pengembangan melalui kegiatan IOI dapat meningkatkan kecenderungan berprilaku konservasi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kelayakan pengembangan LKS konservasi kura-kura pada materi pembelajaran ekosistem, 2) menilai kognitif siswa melalui kegiatan IOI menggunakan LKS konservasi kura-kura Sumatera dan 3) menilai perilaku konservasi siswa melalui kegiatan IOI menggunakan LKS konservasi kura-kura Sumatera. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kualitatif deskriptif. Pembelajaran dengan menggunakan strategi indoor-outdoor menggunakan LKS konservasi kura-kura Sumatera. Untuk menilai kognitif siswa menggunakan tes tertulis berupa pretest dan posttest, sedangkan untuk menilai perilaku konservasi siswa menggunakan angket prilaku konservasi. Pembelajaran indoor dilaksanakan di sekolah dan pembelajaran outdoor dilaksanakan ditempat konservasi kura-kura Sumatera di Universitas Bengkulu. Uji kelayakan bahan ajar LKS berupa aspek materi dan aspek kebahasaan, dengan persentase 80-88 % memiliki kriteria “sangat layak” untuk di uji cobakan dilapangan. Ketuntasan belajar klasikal (kognitif) dengan persentase 15,3 %, tidak tuntas secara klasikal. Ketidaktuntasan dikarenakan penyampaian konsep materi oleh peneliti dirasa kurang dan peserta didik tidak menyimak pembelajaran dengan baik. Kecenderungan berperilaku konservasi awal siswa dengan persentase 18,43 % dan prilaku konservasi akhir siswa dengan persentase 22,71 %, mengalami peningkatan 4,28 %.
Kata kunci: Kura-kura Sumatera, Research and Development (RnD), Lembar Kerja Siswa (LKS), Indoor-Outdoor
Article Details
Copyright (c) 2017 Nur’azizah Prihatiningsih, Aceng Ruyani, Irwandi Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Aini, Dina Rizki. 2015. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Ketidaktuntasan Nilai Anak (Studi di SDN 22 Kecamatan Pontianak Barat). Skripsi diterbitkan. Pontianak: UNTAN (jurmafis.untan.ac.id/index.php/sosiodev/article/viewFile/640/pdf_17 diakses 19 april 2017)
- Iskandar, D.T.. 2000. Kura-kura & Buaya Indonesia & Papua Nugini. Bandung: PAL Media Citra
- Kursini, M.D dan Yazid, M. 2005. Kura-kura Asia dalam Krisis dalam Warta Herpetofauna edisi 3. Bogor: ITB
- Kursini, M.D dan Yazid, M. 2005. Kura-kura Asia dalam Krisis dalam Warta Herpetofauna edisi 3. Bogor: ITB
- Ruyani, A. 2009. Integrating the Message of Turtle Corservation into a Science Teaching Plan for Elementary School in Bengkulu City (http://www.asianturtlenetwork.org/library/reports_papers/Integrating_message_of_turtle_conservation_into_science_teaching_in_Bengkulu_Indonesia_Jan_2009.html diakses 14 Mei 2017)
- Salirawati, D. 2013. Penyusunan dan Kegunaan LKS Dalam Proses Pembelajaran. (staffnew.uny.ac.id/upload diakses 3 mei 2017)
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
- Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
- Widiyatmoko, A. 2014. Implementasi Modul Pembelajaran IPA Tema “Konservasi” Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Konservasi dan Kualitas Pendidikan 2014, Semarang, 12 Mei
- Zukmadini, A.Y, Wiryono, Aceng R dan Catherine M. 2017. Pengetahuan Konservasi Pada Siswa SMA dengan Pembelajaran Indoor-Outdoor Menggunakan Modul Pendidikan Konservasi Kura-kura. Dipresentasikan Pada SEMIRATA Wilayah Barat Bidang MIPA- Jambi
References
Aini, Dina Rizki. 2015. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Ketidaktuntasan Nilai Anak (Studi di SDN 22 Kecamatan Pontianak Barat). Skripsi diterbitkan. Pontianak: UNTAN (jurmafis.untan.ac.id/index.php/sosiodev/article/viewFile/640/pdf_17 diakses 19 april 2017)
Iskandar, D.T.. 2000. Kura-kura & Buaya Indonesia & Papua Nugini. Bandung: PAL Media Citra
Kursini, M.D dan Yazid, M. 2005. Kura-kura Asia dalam Krisis dalam Warta Herpetofauna edisi 3. Bogor: ITB
Kursini, M.D dan Yazid, M. 2005. Kura-kura Asia dalam Krisis dalam Warta Herpetofauna edisi 3. Bogor: ITB
Ruyani, A. 2009. Integrating the Message of Turtle Corservation into a Science Teaching Plan for Elementary School in Bengkulu City (http://www.asianturtlenetwork.org/library/reports_papers/Integrating_message_of_turtle_conservation_into_science_teaching_in_Bengkulu_Indonesia_Jan_2009.html diakses 14 Mei 2017)
Salirawati, D. 2013. Penyusunan dan Kegunaan LKS Dalam Proses Pembelajaran. (staffnew.uny.ac.id/upload diakses 3 mei 2017)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Widiyatmoko, A. 2014. Implementasi Modul Pembelajaran IPA Tema “Konservasi” Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Konservasi dan Kualitas Pendidikan 2014, Semarang, 12 Mei
Zukmadini, A.Y, Wiryono, Aceng R dan Catherine M. 2017. Pengetahuan Konservasi Pada Siswa SMA dengan Pembelajaran Indoor-Outdoor Menggunakan Modul Pendidikan Konservasi Kura-kura. Dipresentasikan Pada SEMIRATA Wilayah Barat Bidang MIPA- Jambi