Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, kinerja, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Sistem Ekskresi di kelas XIIPA3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XIIPA3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data aktivitas guru dan kinerja siswa adalah teknik observasi, menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi penilaian kinerja. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis yaitu tes tertulis menggunakan lembar tes berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, kinerja dan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I yaitu 28 (baik) meningkat di siklus II menjadi 30 (baik). Kinerja siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 57,25% dengan kriteria cukup pada siklus II meningkat menjadi 72,5% dengan kriteria baik. Hasil kemampuan berpikir kritis pada siswa di siklus I memperoleh persentase klasikal 59,39% dengan kriteria cukup kritis, di siklus II meningkat menjadi 73,33% dengan kriteria kritis. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas guru, kinerja dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XIIPA3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kinerja dan Kemampuan berpikir kritis, Biologi SMA
Article Details
Copyright (c) 2017 Dini Dwi Lestari, Irwandi Ansori, Bhakti Karyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pem-belajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta
- Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
- Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pen-didikan dan Sosial. Bandung : Pener-bit Alfabeta.
- Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
- Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Ibrahim, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah Edisi Kedua . Surabaya: Unesa University Press.
- Johnson, E, B. 2007. Contextual Teaching and Learning(terjemahan). Bandung : Mizan Learning Center.
- Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: Penerbit Yrma Widya.
- Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruk-tivistik. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran (online) (http://journal.-um.ac.id) diakses 10 februari 2017.
- Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Biologi SMA/MA (Lampiran 7).
- Sukardi, H. M. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (salinan).
- Zukmadini, Alif. 2014. Problem-Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampian Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi. Malang : Universitas Negeri Malang.
- Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
References
Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pem-belajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta
Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pen-didikan dan Sosial. Bandung : Pener-bit Alfabeta.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah Edisi Kedua . Surabaya: Unesa University Press.
Johnson, E, B. 2007. Contextual Teaching and Learning(terjemahan). Bandung : Mizan Learning Center.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: Penerbit Yrma Widya.
Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruk-tivistik. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran (online) (http://journal.-um.ac.id) diakses 10 februari 2017.
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Biologi SMA/MA (Lampiran 7).
Sukardi, H. M. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (salinan).
Zukmadini, Alif. 2014. Problem-Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampian Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi. Malang : Universitas Negeri Malang.
Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.