Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dikelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 29 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 31 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata yaitu 25 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar siswa menjadi 29,5 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 77,78% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11% (tuntas). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBM dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu.
Kata kunci: PBM, Aktivitas, Hasil Belajar
Article Details
Copyright (c) 2017 Dio Agung Kurniawan, Yennita Yennita, Irdam Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Arikunto, Suharmi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Khalifah, N.U. 2013. Penerapan Model pembelajran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 3 SMP 21 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasi. Bengkulu: UNIB
- Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: rajawali pers.
- Putra, Sitiatava R. 2013. Desain belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press
- Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali pers
- Surbakti, V Herdiansyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas ViiiD smpn 6 Kota Bengkulu. Bengkulu: UNIB. Tidak Dipublikasi
- Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: andi.
- Trianto. 2012. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: tim prestasi pustaka
References
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharmi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Khalifah, N.U. 2013. Penerapan Model pembelajran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 3 SMP 21 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasi. Bengkulu: UNIB
Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: rajawali pers.
Putra, Sitiatava R. 2013. Desain belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press
Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali pers
Surbakti, V Herdiansyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas ViiiD smpn 6 Kota Bengkulu. Bengkulu: UNIB. Tidak Dipublikasi
Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: andi.
Trianto. 2012. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: tim prestasi pustaka