Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4) refleksi. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II rata-rata observasi guru, termasuk kriteria baik yaitu 27 meningkat menjadi 28 , sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II juga meningkat yaitu 32,75 menjadi 34,80 dengan kriteria Tinggi. Data hasil belajar sikap pada siklus I adalah 3,59 meningkat pada siklus II menjadi 3,64 . Data rata-rata hasil belajar keterampilan pada siklus I adalah 3,47 meningkat pada siklus II menjadi 3,54 . Data rata-rata hasil belajar pengetahuan pada siklus I adalah 2,93 meningkat pada siklus II menjadi 3,43. Data hasil belajar klasikal pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 72,22 % dengan kriteria belum tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 82, 88 % dengan kriteria tuntas. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Motivasi, Hasil Belajar.
Article Details
Copyright (c) 2017 Fitri Dayeni, Sri Irawati, Yennita Yennita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Ali, M. 2012. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
- Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
- Eggen, paul dan don kauchak. 2012. Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta: PT Indeks
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesi
- Sardiman. 2013. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo
- Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara
References
Ali, M. 2012. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Eggen, paul dan don kauchak. 2012. Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta: PT Indeks
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesi
Sardiman. 2013. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara