Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan subyek penelitian adalah siswa pada kelas VII2 SMP N 4 Bengkulu yang berjumlah 33 orang. Sikap diukur menggunakan angket sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan tes tertulis dengan model PBL (problem based learning) pada materi saling ketergantungan antar komponen biotik. Data dianalisis dengan rata-rata, standar deviasi, dan persentasenya serta korelasinya diuji menggunakan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan perhitungan didapatkan rata-rata skor sikap ilmiah siswa sebesar 48,5 dengan standar deviasi yaitu 0,25 dan termasuk kategori sikap ilmiah sangat baik. Rata-rata skor hasil belajar kognitif siswa adalah 3,16 dengan standar deviasi 0,262 dan termasuk kategori hasil belajar kognitif sangat baik. Jika dibandingkan dengan ?=0,05, nilai signifikansi lebih kecil daripada nilai ?, yaitu 0,005?0,05. Artinya, ada korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif dan H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa sikap ilmiah berkorelasi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas VII2 SMP N 4 Bengkulu pada pembelajaran IPA Biologi dengan model Problem Based Learning, dan angka indeks korelasi yaitu 0,482 yang menunjukkan korelasi searah dengan tingkat hubungan tergolong sedang.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, model PBL (Problem Based Learning), sikap ilmiah
Article Details
Copyright (c) 2017 Aminah Tri Putri, Irdam Idrus, Yennita Yennita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Astuti, E. J. 2014. Analisis Korelasi Antara Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii5 Smpn 4 Bengkulu Pada
- Pembelajaran IPA Biologi Dengan Model Siklus Belajar 5E
- Kartono. 2012. Pengembangan Model Penilaian Sikap Ilmiah IPA bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal FKIP UNS
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014
- Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press
- Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakrta: Kencana
- Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Westriningsih. 2012. Solusi Praktis dan Mudah Menguasai SPSS 20 untuk Pengolahan Data. Semarang: Wahana Komputer
- Widyoko, S. E. P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
References
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Astuti, E. J. 2014. Analisis Korelasi Antara Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii5 Smpn 4 Bengkulu Pada
Pembelajaran IPA Biologi Dengan Model Siklus Belajar 5E
Kartono. 2012. Pengembangan Model Penilaian Sikap Ilmiah IPA bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal FKIP UNS
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014
Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press
Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakrta: Kencana
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Westriningsih. 2012. Solusi Praktis dan Mudah Menguasai SPSS 20 untuk Pengolahan Data. Semarang: Wahana Komputer
Widyoko, S. E. P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar