Main Article Content
Abstract
Berdasarkan dari hasil wawancara guru dan siswa di SMA Negeri 01 Seputih Mataram menunjukan bahwa siswa merasa kesulitan dalam memahami materi jaringan tumbuhan. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar sehingga dapat menyebabkan pengaruh terhadap minat belajar siswa karena siswa merasa bosan saat belajar dikelas. Jaringan tumbuhan merupakan salah satu materi tersulit menurut siswa, hal ini karena beberapa materi di dalamnya tidak dapat dilihat secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran remedial dengan menggunakan video animasi terhadap minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif jenis eksperiman tipe pre eksperimen. Desain penelitian yang digunakan one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI 8 dengan jumlah 33 sisiwa, sampel yang diambil yaitu 16 siswa, teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Analisi data yang digunakan yaitu uji Paired sample t test. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, jadi Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan menggunakan video animasi dalam pembelajaran remedial dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Siswa lebih tertarik dan dapat memperhatikan proses pembelajaran.
Article Details
Copyright (c) 2024 Rhodiya Kamalia Utami, Vifty Octanarlia Narsan, Allydya Chotibatul Ummah, Nur Kholifah Pertiwi, Ella Safitri, Riska Setiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms