Main Article Content

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui aktivitas peserta didik pada saat  pembelajaran dengan model PjBL berbasis Ecopreneurship, menganalisis perbedaan pemahaman konsep materi pada peserta didik, menganalisis perbedaan pemahaman konsep melalui presentasi proyek, mengetahui respon setelah dilakukannya pembelajaran. Populasi seluruh siswa MIPA kelas XI berjumlah 396 siswa, dengan sampel kelas  MIPA 4 dan MIPA 6 setiap kelas 36 siswa. Pengambilan sampel dari populasi dengan cara acak. Penelitian menggunakan Metode  Quasi Eksperimen dengan dilakukan tes awal dan akhir pada proses belajar mengajar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi,tes,angket dan penilaian proyek. analisis data pada penelitian dengan uji N-Gain dan indepandent sample t Tes. Hasil rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship sebesar 81% sedangkan yang diterapkan pembelajaran PjBL 76% . Perbedaan peningkatan pemahaman konsep dilihat dari hasil    N-Gain pada kelas dengan pembelajaran PjBL diperoleh 30,09% dan kelas dengan pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship  memperoleh 49,78% dengan hasil uji independent sample t test hipotesis alternatif (Ha) diterima dimana sig 0,000 < 0,05 mengartikan adanya hubungan antar variabel. Persentase angket respon terhadap pembelajaran pada kelas kontrol rata-ratanya 70% berkategori baik, dari hasil tersebut mengartikan  adanya respon positif terhadap model PjBL berbasis Ecopreneurship pada materi sistem ekskresi.

Article Details

How to Cite
Kartimi, K., Nisa, A. J., & Umami, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Ecopreneurship Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Lemahabang. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 65–75. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.1.65-75