Isi Artikel Utama

Abstrak

Semakin berkembangnya teknologi serta pembelajaran mengalami tuntutan dalam proses pembelajaran sehingga menjadikan dunia pendidikan membutuhkan sebuah inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PjBL berbasis ecopreneurship, menganalisis perbedaan peningkatan pemahaman konsep materi pada peserta didik, menganalisis perbedaan pemahaman konsep melalui presentasi proyek dan mengetahui respon setelah dilakukannya pembelajaran. Populasi siswa kelas XI, dengan sampel kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 6 masing-masing berjumlah 36 siswa. dengan Metode Quasi Eksperimental menggunakan Pretest Posttest  Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa yang diterapkan pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship sebesar 81% sedangkan yang diterapkan pembelajaran PjBL 76% . Perbedaan peningkatan pemahaman konsep dilihat dari hasil rata-rata N-Gain kelas kontrol diperoleh 30,09% sedangkan kelas eksperimen sebesar 49,78% dengan hasil uji independent sample t test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 artinya  ditolak dan Ha diterima. Hasil persentase rata-rata angket respon siswa pada kelas kontrol sebesar 70% dengan kriteria baik, dari hasil tersebut membuktikan bahwa siswa memberi respon positif terhadap model PjBL berbasis Ecopreneurship pada materi sistem ekskresi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Implementasi Project Based Learning Berbasis Ecopreneurship Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Ekskresi. (2024). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 65–75. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.1.65-75