Main Article Content
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran dengan model PjBL berbasis Ecopreneurship, menganalisis perbedaan pemahaman konsep materi pada peserta didik, menganalisis perbedaan pemahaman konsep melalui presentasi proyek, mengetahui respon setelah dilakukannya pembelajaran. Populasi seluruh siswa MIPA kelas XI berjumlah 396 siswa, dengan sampel kelas MIPA 4 dan MIPA 6 setiap kelas 36 siswa. Pengambilan sampel dari populasi dengan cara acak. Penelitian menggunakan Metode Quasi Eksperimen dengan dilakukan tes awal dan akhir pada proses belajar mengajar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi,tes,angket dan penilaian proyek. analisis data pada penelitian dengan uji N-Gain dan indepandent sample t Tes. Hasil rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship sebesar 81% sedangkan yang diterapkan pembelajaran PjBL 76% . Perbedaan peningkatan pemahaman konsep dilihat dari hasil N-Gain pada kelas dengan pembelajaran PjBL diperoleh 30,09% dan kelas dengan pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship memperoleh 49,78% dengan hasil uji independent sample t test hipotesis alternatif (Ha) diterima dimana sig 0,000 < 0,05 mengartikan adanya hubungan antar variabel. Persentase angket respon terhadap pembelajaran pada kelas kontrol rata-ratanya 70% berkategori baik, dari hasil tersebut mengartikan adanya respon positif terhadap model PjBL berbasis Ecopreneurship pada materi sistem ekskresi.
Article Details
Copyright (c) 2024 Aura Janatun Nisa, Kartimi, Muhimmatul Umami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms