Isi Artikel Utama
Abstrak
Semakin berkembangnya teknologi serta pembelajaran mengalami tuntutan dalam proses pembelajaran sehingga menjadikan dunia pendidikan membutuhkan sebuah inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PjBL berbasis ecopreneurship, menganalisis perbedaan peningkatan pemahaman konsep materi pada peserta didik, menganalisis perbedaan pemahaman konsep melalui presentasi proyek dan mengetahui respon setelah dilakukannya pembelajaran. Populasi siswa kelas XI, dengan sampel kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 6 masing-masing berjumlah 36 siswa. dengan Metode Quasi Eksperimental menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa yang diterapkan pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship sebesar 81% sedangkan yang diterapkan pembelajaran PjBL 76% . Perbedaan peningkatan pemahaman konsep dilihat dari hasil rata-rata N-Gain kelas kontrol diperoleh 30,09% sedangkan kelas eksperimen sebesar 49,78% dengan hasil uji independent sample t test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 artinya ditolak dan Ha diterima. Hasil persentase rata-rata angket respon siswa pada kelas kontrol sebesar 70% dengan kriteria baik, dari hasil tersebut membuktikan bahwa siswa memberi respon positif terhadap model PjBL berbasis Ecopreneurship pada materi sistem ekskresi.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Aura Janatun Nisa, Kartimi, Muhimmatul Umami

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms