Isi Artikel Utama

Abstrak

Gen, DNA, Kromosom merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa SMA. Untuk mengatasi kesulitan memahami topik tersebut adalah perlunya media pembelajaran yang tepat. Media yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten (TPACK) dapat menjadi solusi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media e-booklet pada Submateri Gen, DNA, Kromosom. Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan model ADDIE dan hanya menggunakan tiga tahap pertama yaitu analyze, design, dan develop. Pada tahap develop, pembuatan media dilanjutkan pengukuran respons siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Responden yang terlibat adalah siswa kelas XII MAN 1 Pontianak sebanyak 13 orang. Media e-booklet divalidasi oleh 5 orang validator yakni 2 orang dosen Pendidikan Biologi dan 3 orang guru Biologi kelas XII di SMA Pontianak pada 9 aspek yaitu format, isi, bahasa, kesederhanaan, keterpaduan, penekanan, keseimbangan, bentuk, dan warna sebanyak 16 indikator. Respons siswa dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan konatif sebanyak 21 pernyataan. Hasil pengembangan media e-booklet Submateri Gen, DNA, Kromosom dinyatakan layak pada seluruh item penilaian berdasarkan nilai validitas (>0,87) dan reliabilitas (ICC=0,891). Respons siswa terhadap media e-booklet juga berada pada kategori sangat kuat sebesar 84,6%. Produk media dapat diuji coba secara luas dalam pembelajaran Submateri Gen, DNA, Kromosom.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET GEN, DNA, KROMOSOM UNTUK KELAS XII SMA. (2024). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 76–88. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.1.76-88