Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIRI dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada mahasiswa biologi. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design dan melibatkan 98 mahasiswa biologi di Universitas Negeri Makassar dan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Rubrik keterampilan komunikasi digunakan untuk menilai pernyataan mahasiswa dan hasilnya dianalisis menggunakan ANCOVA pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIRI terhadap peningkatan keterampilan komunikasi mahasiswa. Hasil uji LSD juga menunjukkan bahwa skor keterampilan komunikasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran SIRI berbeda secara signifikan dengan model pembelajaran PjBL dan Model Jigsaw. Disimpulkan bahwa model pembelajaran SIRI dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi.

Article Details

How to Cite
Bin Jamaluddin, A., Muhiddin Palennari, & Faisal, F. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa Biologi: Model Pembelajaran SIRI. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 97–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.1.97-106