Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIRI dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada mahasiswa biologi. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design dan melibatkan 98 mahasiswa biologi di Universitas Negeri Makassar dan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Rubrik keterampilan komunikasi digunakan untuk menilai pernyataan mahasiswa dan hasilnya dianalisis menggunakan ANCOVA pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIRI terhadap peningkatan keterampilan komunikasi mahasiswa. Hasil uji LSD juga menunjukkan bahwa skor keterampilan komunikasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran SIRI berbeda secara signifikan dengan model pembelajaran PjBL dan Model Jigsaw. Disimpulkan bahwa model pembelajaran SIRI dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi.
Article Details
Copyright (c) 2024 Asham Bin Jamaluddin, Muhiddin Palennari, Faisal Faisal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms