Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang masalah kesulitan dalam pembelajaran, dimana guru menjadi pusat perhatian. Perlu penyesuaian dengan perkembangan teknologi, globalisasi, dan kemajuan ilmu pengetahuan. Namun, kendala seperti metode pengajaran monoton, minimnya fasilitas, dan kurangnya keterlibatan peserta didik muncul. Hal ini mengakibatkan penurunan motivasi dan pemahaman terhadap materi pelajaran, seperti pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 13 Makassar yang kurang memuaskan, terutama selama masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapan media pembelajaran game kahoot untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini penelitian pre experiment dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest dengan 3 kelas eksperimen. Sampel dipilih secara purposive sampling 3 kelas yaitu kelas VIIIA 15 orang; VIII.K 16 orang; dan VIII.J 17 orang. Instrumen penelitian berupa soal tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji uji normalitas, uji t, dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan nilai 0,53. 2) penerapan media pembelajaran Game Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik nilai t_hitung hasil belajar 11,99 dan nilai t_tabel 1,67. 3) terdapat kesamaan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar yang diajar menggunakan media pembelajaran Game Kahoot dengan nilai F_hitung hasil belajar 1,28 dan nilai F_tabel 3,23 (H0 diterima).
Article Details
Copyright (c) 2024 Sri Ayu Anggriani, Ramlawati Ramlawati, Sitti Rahma Yunus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms