Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar yang diajar dengan media pembelajaran Game Kahoot. 2) ada tidaknya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar setelah penerapan media pembelajaran Game Kahoot. 3) ada tidaknya kesamaan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar setelah penerapan media pembelajaran Game Kahoot. Jenis penelitian ini penelitian pre experiment dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan 3 kelas eksperimen. Populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar, sampel dipilih secara purposive sampling 3 kelas yaitu kelas VIII.A 15 orang; VIII.K 16 orang; dan VIII.J 17 orang. Instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis disimpulkan: 1) peningkatan hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan nilai 0,53. 2) penerapan media pembelajaran Game Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik nilai hasil belajar 11,99 dan nilai 1,67. 3) terdapat kesamaan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar yang diajar menggunakan media pembelajaran Game Kahoot dengan nilai hasil belajar 1,28 dan nilai 3,23 (H0 diterima).
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Sri Ayu Anggriani, Ramlawati Ramlawati, Sitti Rahma Yunus

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms