Main Article Content

Abstract

Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dari peserta didik tidak bisa untuk belajar dengan cara yang baik, karena adanya gangguan maupun hambatan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase kesulitan belajar “siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya” dan faktor yang menjadi penyebab dari kesulitan belajar di materi berupa struktur dan juga fungsi dari tumbuhan. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari cakupan penelitian ini adalah “siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Sungai Raya” yang mengalami kesulitan belajar pada materi struktur dan fungsi tumbuhan yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini mempergunakan soal tes diagnostik disertai CRI, angket dan lembar wawancara untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kesulitan belajar siswa materi struktur dan fungsi tumbuhan memiliki rata-rata dalam persentase dengan besaran 84,97% yang termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan adalah masalah yang kompleks, tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja. Faktor guru dan intelegensi siswa menjadi penyebab utama yang paling dominan. Solusi untuk mengatasi kesulitan ini perlu pendekatan yang komprehensif, dengan fokus utama pada perbaikan metode pengajaran oleh guru serta strategi untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran mereka. Selain itu, kolaborasi dengan orang tua juga penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang suportif di rumah.

Article Details

How to Cite
Prasetiawan, V., Ningsih, K., & Wahyuni, E. S. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di SMP Negeri 3 Sungai Raya . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 193–204. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.193-204