Main Article Content

Abstract

Penyajian konsep kontekstual dalam pembelajaran perlu ditingkatkan untuk memperkuat pemahaman materi. Stunting, sebagai isu nasional dan global, memerlukan penyampaian informasi yang akurat. Untuk itu, guru membutuhkan media pembelajaran yang tepat dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari produk e-magazine yang mengangkat kasus kontekstual yaitu stunting. Pengembangan e-magazine yang mengangkat kasus stunting dan pola pertumbuhan anak usia 0-5 tahun di Desa Jungkat bertujuan untuk meningkatkan kontekstualitas informasi dalam Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di kelas XII SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development/ R & D) model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Tahapan penelitian meliputi analysis, design, and development. Validasi media dilakukan oleh lima orang validator, yaitu dua orang dosen di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tanjungpura dan tiga orang guru SMA di wilayah Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah. Perhitungan validitas menggunakan nilai rasio validitas konten untuk empat aspek yaitu kegrafisan, layout, isi, dan bahasa. Hasil menunjukkan produk e-magazine yang dikembangkan mendapatkan nilai CVR dan CVI sama dengan 1 sehingga dapat dinyatakan layak untuk dilanjutkan ke tahap implementasi baik untuk uji coba terbatas maupun luas. Hasil pengembangan e-magazine ini diharapkan dapat menambah variasi media inovatif dan meningkatkan kontekstualitas pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran Biologi khususnya yang berkaitan dengan materi kesehatan dan gizi.

Article Details

How to Cite
Zainiarni, S. W., Candramila, W., & Mardiyyaningsih, A. N. (2025). Pengembangan E-magazine tentang Kasus Stunting di Desa Jungkat untuk Meningkatkan Kontekstualitas Pembelajaran Biologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 48–62. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jppb/article/view/36937