Main Article Content
Abstract
Penyajian konsep kontekstual dalam pembelajaran perlu ditingkatkan untuk memperkuat pemahaman materi. Stunting, sebagai isu nasional dan global, memerlukan penyampaian informasi yang akurat. Untuk itu, guru membutuhkan media pembelajaran yang tepat dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari produk e-magazine yang mengangkat kasus kontekstual yaitu stunting. Pengembangan e-magazine yang mengangkat kasus stunting dan pola pertumbuhan anak usia 0-5 tahun di Desa Jungkat bertujuan untuk meningkatkan kontekstualitas informasi dalam Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di kelas XII SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development/ R & D) model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Tahapan penelitian meliputi analysis, design, and development. Validasi media dilakukan oleh lima orang validator, yaitu dua orang dosen di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tanjungpura dan tiga orang guru SMA di wilayah Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah. Perhitungan validitas menggunakan nilai rasio validitas konten untuk empat aspek yaitu kegrafisan, layout, isi, dan bahasa. Hasil menunjukkan produk e-magazine yang dikembangkan mendapatkan nilai CVR dan CVI sama dengan 1 sehingga dapat dinyatakan layak untuk dilanjutkan ke tahap implementasi baik untuk uji coba terbatas maupun luas. Hasil pengembangan e-magazine ini diharapkan dapat menambah variasi media inovatif dan meningkatkan kontekstualitas pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran Biologi khususnya yang berkaitan dengan materi kesehatan dan gizi.
Article Details
Copyright (c) 2025 Sri Wahyuni Zainiarni, Wolly Candramila, Asriah Nurdini Mardiyyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms