Main Article Content

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi dinamis antara guru, siswa
dan lingkungan yang bertujuan mencapai tujuan pendidikan
melalui pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan nilai
nilai moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi
faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi siswa dalam
pembelajaran biologi di MAN 1 Sungai Penuh. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui
wawancara dengan siswa MAN 1 Sungai Penuh selaku
informan penelitian yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis tematik dalam mengidentifikasi tema-tema utama
terkait konsentrasi belajar. Temuan menunjukkan bahwa minat
tinggi terhadap biologi dan relevansi materi dengan kehidupan
sehari-hari meningkatkan konsentrasi siswa. Lingkungan
belajar yang tenang dan bebas dari gangguan, serta waktu
belajar pagi hari, juga memberikan kontribusi pada konsentrasi
yang lebih baik. Variasi metode pengajaran, seperti buku,
video, dan presentasi, juga berkontribusi pada pemahaman dan
fokus siswa. Evaluasi terstruktur serta dukungan guru, teman,
dan fasilitas sekolah memperkuat kepuasan dan konsentrasi
belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi faktor
internal dan eksternal memainkan peran penting dalam
meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar siswa, dan dapat
membantu dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang
lebih efektif.

Article Details

How to Cite
Rizki, R. M., & Ferry, D. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Biologi Siswa MAN 1 Sungai Penuh. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 184–192. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.184-192