Main Article Content

Abstract

Analisis kebutuhan ini bertujuan untuk mengetahui jenis bahan ajar yang dibutuhkan pada mata kuliah Mikrobiologi Dasar untuk menunjang aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data tentang kebutuhan bahan ajar dalam pembelajaran Mikrobiologi Dasar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara dan angket. Jumlah mahasiswa yang diambil yaitu 149 orang dan 5 orang dosen pengampu. Analisis data hasil wawancara dilakukan secara deskriptif dan hasil angket dianalisis kuantitatif dengan hasil persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan bahan ajar Mikrobiologi Dasar. Berdasarkan temuan tersebut, bahan ajar Mikrobiologi yang diusulkan akan dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan dosen pengampu yaitu e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan Flipbook, terutama pada objek kajian bakteri. Bahan ajar ini mencakup materi yang disajikan secara menarik dan interaktif, dengan penggunaan media digital yang relevan. Diharapkan hasil analisis kebutuhan sebagai dasar penelitian lanjutan untuk pengembangan modul elektronik berbasis model PBL pada materi bakteri di mata kuliah Mikrobiologi Dasar.

Article Details

How to Cite
Wardhani, S., Katiza, S., & Astriani, M. (2025). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mikrobiologi Dasar untuk Menunjang Aktivitas dan Hasil Belajar. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 79–90. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jppb/article/view/37217