Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hubungan antara kemampuan menulis, computer self-efficacy, computer anxiety, dan social influence dengan penyelesaian tugas proyek mata kuliah metodologi penelitian. Penelitian ini dilakukan pada calon guru biologi yang berjumlah 35 orang. Instrumen pada penelitian berupa angket melalui google form. Data dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis data menunjukan data linear, tidak terjadi multikolinieritas, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Sehingga dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil nilai korelasi regresi untuk variabel kemampuan menulis yaitu sebesar -0,122; nilai korelasi regresi variabel computer self-efficacy sebesar 0,202; nilai korelasi regresi variabel computer anxiety sebesar -0,085; dan nilai korelasi regresi untuk variabel social influence yaitu sebesar 0,037. Nilai tersebut menunjukkan ada pengaruh negatif pada variabel kemampuan menulis dan computer anxiety, dan pengaruh positif pada variabel computer self-efficacy dan social influence. Temuan penelitian ini berkontribusi pada kemajuan teori pendidikan, termasuk pada kemampuan menulis, serta computer self-efficacy, computer anxiety, dan social influence  pada dunia pendidikan. Selain itu, kemampuan menulis tidak hanya menjadi faktor dalam menyelesaikan tugas proyek tetapi terdapat faktor lain yang mempengaruhinya.

Article Details

How to Cite
Wardianti, Y., & Samitra, D. (2025). Hubungan Antara Kemampuan Menulis, Computer Self-Efficacy, Computer Anxiety, dan Social Influence dengan Penyelesaian Tugas Proyek Mata Kuliah Metodologi Penelitian pada Calon Guru Biologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 91–98. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jppb/article/view/37779