Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hubungan antara kemampuan menulis, computer self-efficacy, computer anxiety, dan social influence dengan penyelesaian tugas proyek mata kuliah metodologi penelitian. Penelitian ini dilakukan pada calon guru biologi yang berjumlah 35 orang. Instrumen pada penelitian berupa angket melalui google form. Data dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis data menunjukan data linear, tidak terjadi multikolinieritas, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Sehingga dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil nilai korelasi regresi untuk variabel kemampuan menulis yaitu sebesar -0,122; nilai korelasi regresi variabel computer self-efficacy sebesar 0,202; nilai korelasi regresi variabel computer anxiety sebesar -0,085; dan nilai korelasi regresi untuk variabel social influence yaitu sebesar 0,037. Nilai tersebut menunjukkan ada pengaruh negatif pada variabel kemampuan menulis dan computer anxiety, dan pengaruh positif pada variabel computer self-efficacy dan social influence. Temuan penelitian ini berkontribusi pada kemajuan teori pendidikan, termasuk pada kemampuan menulis, serta computer self-efficacy, computer anxiety, dan social influence pada dunia pendidikan. Selain itu, kemampuan menulis tidak hanya menjadi faktor dalam menyelesaikan tugas proyek tetapi terdapat faktor lain yang mempengaruhinya.
Article Details
Copyright (c) 2025 Yunita Wardianti, Dian Samitra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms