Main Article Content

Abstract

Katalog merupakan suatu daftar yang terurut yang berisi informasi tertentu dari benda atau barang, katalog berfungsi sebagai sarana menyampaikan informasi atau menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan yang ada dilingkungan kampus Mendalo UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang dapat diakses menggunakan mobile learning audio berbasis quick response (qr)-code sehingga dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa untuk pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai Oktober 2024. Metode penelitian adalah pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian yang dilakukan di lingkungan kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah teridentifikasi 2 kelas, 17 bangsa, 25 suku, 40 jenis tumbuhan. Katalog tumbuhan disematkan qr-code yang di-scan menggunakan mobile learning audio yang akan menampilkan informasi tumbuhan. Katalog yang dibuat telah divalidasi berdasarkan perhitungan Research and Development didapatkan hasil validasi ahli media dengan persentase 86,5% sangat valid, validasi ahli materi dengan persentase 90% sangat valid, validasi dosen pengampu 86,42% sangat valid. Uji keterbacaan media 95,33% sangat layak, sehingga dapat produk mudah digunakan. Hasil penelitian digunakan pada mata kuliah Taksonomi Tumbuhan menyajikan data mengenai jenis tumbuhan, klasifikasi dan morfologi serta manfaat tumbuhan. Hasil validasi katalog tumbuhan menunjukkan hasil yang berada pada kategori sangat layak untuk digunakan.

Article Details

How to Cite
Suraida, S., Nuraida, N., & Susanti, T. (2025). Pengembangan Katalog Tumbuhan Berbasis Qr-Code Melalui Aplikasi Mobile Learning Audio di Kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Sebagai Sumber Belajar. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.1.99-110