Isi Artikel Utama

Abstrak

Pencemaran lingkungan marak terjadi di sekolah karena sebagian siswa masih sering membuang sampah sembarangan, menggunakan barang yang berpotensi menjadi sampah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang  pencemaran lingkungan. Pengetahuan dapat  mempengaruhi perilaku. Salah atu prilaku siswa yang berdampak pada lingkungan adalah prilaku zero waste  yaitu perilaku mengurangi bahkan menghilangkan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dengan perilaku zero waste. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan studi korelasional. Sampel berjumlah 124 yang ditentukan dengan teknik  simple random sampling. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan koefisien korelasi menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh hasilnya 0,471 yang artinya korelasi tergolong sedang. Pengetahuan pencemaran lingkungan memberikan kontribusi sebesar 22,28% terhadap perilaku zero waste. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan  pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dengan perilaku zero waste siswa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azrai, E. P., Nurhasanah, K., & Sigit, D. V. (2025). Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Kesadaran Berperilaku Zero Waste. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 125–136. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.1.125-136