Main Article Content

Abstract

Pencemaran lingkungan marak terjadi di sekolah karena sebagian siswa masih sering membuang sampah sembarangan, menggunakan barang yang berpotensi menjadi sampah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang  pencemaran lingkungan. Pengetahuan dapat  mempengaruhi perilaku. Salah satu perilaku siswa yang berdampak pada lingkungan adalah perilaku zero waste  yaitu perilaku mengurangi bahkan menghilangkan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan pencemaran lingkungan dengan kesadaran berperilaku zero waste. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terpilih 124 orang menggunakan teknik simple random sampling. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal dan homogen. Perhitungan koefisien korelasi menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh nilai sebesar 0,471 yang artinya korelasi dalam kategori sedang. Pengetahuan pencemaran lingkungan berkontribusi sebesar 22,28% terhadap perilaku zero waste. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan kesadaran berperilaku zero waste.

Article Details

How to Cite
Azrai, E. P., Nurhasanah, K., & Sigit, D. V. (2025). Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Kesadaran Berperilaku Zero Waste. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 125–136. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jppb/article/view/40232