Isi Artikel Utama
Abstrak
Pencemaran lingkungan marak terjadi di sekolah karena sebagian siswa masih sering membuang sampah sembarangan, menggunakan barang yang berpotensi menjadi sampah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang pencemaran lingkungan. Pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku. Salah atu prilaku siswa yang berdampak pada lingkungan adalah prilaku zero waste yaitu perilaku mengurangi bahkan menghilangkan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dengan perilaku zero waste. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan studi korelasional. Sampel berjumlah 124 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan koefisien korelasi menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh hasilnya 0,471 yang artinya korelasi tergolong sedang. Pengetahuan pencemaran lingkungan memberikan kontribusi sebesar 22,28% terhadap perilaku zero waste. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dengan perilaku zero waste siswa
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Eka Putri Azrai, Khafifah Nurhasanah, Diana Vivanti Sigit

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms