Main Article Content
Abstract
Pencemaran lingkungan marak terjadi di sekolah karena sebagian siswa masih sering membuang sampah sembarangan, menggunakan barang yang berpotensi menjadi sampah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang pencemaran lingkungan. Pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku. Salah satu perilaku siswa yang berdampak pada lingkungan adalah perilaku zero waste yaitu perilaku mengurangi bahkan menghilangkan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan pencemaran lingkungan dengan kesadaran berperilaku zero waste. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terpilih 124 orang menggunakan teknik simple random sampling. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal dan homogen. Perhitungan koefisien korelasi menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh nilai sebesar 0,471 yang artinya korelasi dalam kategori sedang. Pengetahuan pencemaran lingkungan berkontribusi sebesar 22,28% terhadap perilaku zero waste. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan kesadaran berperilaku zero waste.
Article Details
Copyright (c) 2025 Eka Putri Azrai, Khafifah Nurhasanah, Diana Vivanti Sigit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms