Main Article Content
Abstract
Rendahnya ketuntasan hasil belajar IPA dapat dipengaruhi dari kendala kurangnya media pembelajaran dan inovasi model pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan media salah satunya kartu bergambar berbasis model pembelajaran STAD diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif di MTS Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kartu bergambar berbasis model STAD yang telah dikembangkan untuk diimplementasikan pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan. Metode penelitian yaitu penelitian pengembangan Research & Development mengacu pada model 4D, pada tahap disseminate menggunakan siswa kelas VIII dengan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen di MTs Negeri 1 Palembang. Berdasarkan hasil efektivitas dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan dari analisis N-gain pada di kelas kontrol sebesar 0,58 (kriteria sedang) dan kelas eksperimen 0,86 (kriteria tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media KARGAM efektif meningkatkan hasil belajar, sedangkan pada uji t memperoleh nilai signifikan 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media dengan pembelajaran konvensional. Respon guru diperoleh 75% dengan kriteria baik sedangkan peserta didik mendapatkan 84,83% dengan kategori sangat kuat. Harapan kedepannya media kartu bergambar berbasis model STAD dapat meningkatkan keterampilan lain yang dituntut pada abad 21.
Article Details
Copyright (c) 2025 Relly Susanti, Meli Astriani, Wulandari Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
