Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing and Extending (RICOSRE) materi sistem sirkulasi kelas XI SMAN 4 Takalar. Penelitian ini merupakan Quasi Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMAN 4 Takalar. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling, kelas XI D dipilih sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas XI E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes yang diberikan sebelum dan setelah dilakukan perlakuan. Data penelitian diolah dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran RICOSRE berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 82. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sign 0.03 < 0.05, artinya hipotesis penelitian H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran RICOSRE pada materi sistem sirkulasi di kelas XI SMAN 4 Takalar.

Article Details

How to Cite
Mufliha, N., Maulana, A., Hamansah, & Taufiq, A. U. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing and Extending (RICOSRE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 227–235. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.227-235