Main Article Content
Abstract
Dibutuhkan keterampilan berpikir kritis yang mampu mendukung perubahan dalam era globalisasi. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website Mikrobo pada pembelajaran blended learning materi bakteri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan desain penelitian model Hannafin & Peck. Pengumpulan data melibatkan kuesioner dan wawancara guru. Selain itu dilakukan juga tahapan penilaian kebutuhan (need assessment), mendesain web Mikrobo dan implementasinya dengan disertai proses evaluasi serta revisi pada setiap tahapnya. Web Mikrobo mendapat kriteria penilaian sangat valid dari ahli media dan materi dengan nilai sebesar 3,36 dan 3,56. Uji coba kelompok kecil dan besar oleh siswa kelas X IPA SMAN 4 Rangkasbitung menunjukan nilai sebesar 3,42 dan 3,32 dengan kriteria sangat valid juga. Hasil penilaian menunjukan bahwa web ini mudah digunakan, sangat informatif, memiliki tampilan menarik, dan menampilkan gambar serta video dengan resolusi tinggi. Uji efektivitas dilakukan menggunakan metode one-group pretest- posttest design pada 35 siswa menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,52 yang termasuk pada kategori sedang. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan web Mikrobo cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran blended learning materi bakteri.Web Mikrobo dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif media pembelajaran. Web ini juga dapat digunakan oleh siswa diluar jam sekolah sebagai sumber daya tambahan yang melengkapi materi di kelas. Tentunya Web Mikrobo ini harus dikembangkan secara berkelanjutan dengan menyesuaikan perkembangan kurikulum serta perkembangan teknologi informasi.
Article Details
Copyright (c) 2025 Shania Putri Apriani, Sekar Darmastuti, Anis Fitri Wahyuni, Rizhal Hendi Ristanto, Hanum Isfaeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
