Main Article Content
Abstract
Bahan ajar konvensional terkadang belum mampu meningkatkan minat baca dan pemahaman peserta didik yang berdampak pada hasil belajar, sehingga diperlukan adanya inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu pada materi bakteri, dan 2) mengetahui tingkat efektivitas booklet uji zona hambat lengkuas terhadap Escherichia coli. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, model Nonequivalent control group design dengan teknik purposive sampling. Kelas kontrol pada penelitian ini adalah kelas X MIPA D dengan kelas X MIPA A sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar pretest dan posttest. Sementara itu, model pembelajaran kedua kelas disamakan yakni cooperative learning tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan eksperimen, yakni sebesar 41,76 dan 40,28. Begitu pula setelah pembelajaran, tidak terdapat perbedaan signifikan pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen yakni sebesar 85,88 dan 86,39. Penggunaan booklet bakteri efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen dengan nilai N-Gain pretest dan posttest sebesar 77%. Selain itu, peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen berada di kategori tinggi dengan nilai N-Gain 0,77
Article Details
Copyright (c) 2025 Zahrotin Saleha, Dewi Jumiarni, Sri Irawati, Yennita, Neni Murniati, Alif Yanuar Zukmadini, Prendi Niki Halhaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
