Main Article Content

Abstract

Bahan ajar konvensional terkadang belum mampu meningkatkan minat baca dan pemahaman peserta didik yang berdampak pada hasil belajar, sehingga diperlukan adanya inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu pada materi bakteri, dan 2) mengetahui tingkat efektivitas booklet uji zona hambat lengkuas terhadap Escherichia coli. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, model Nonequivalent control group design dengan teknik purposive sampling. Kelas kontrol pada penelitian ini adalah kelas X MIPA D dengan kelas X MIPA A sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar pretest dan posttest. Sementara itu, model pembelajaran kedua kelas disamakan yakni cooperative learning tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan eksperimen, yakni sebesar 41,76 dan 40,28. Begitu pula setelah pembelajaran, tidak terdapat perbedaan signifikan pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen yakni sebesar 85,88 dan 86,39. Penggunaan booklet bakteri efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen dengan nilai N-Gain pretest dan posttest sebesar 77%. Selain itu, peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen berada di kategori tinggi dengan nilai N-Gain 0,77

Article Details

How to Cite
Saleha, Z., Jumiarni, D., Irawati, S., Yennita, Murniati, N., Zukmadini, A. Y., & Halhaji, P. N. (2025). Implementasi Booklet Uji Zona Hambat Lengkuas terhadap Escherichia coli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 254–260. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.254-260