Main Article Content

Abstract

Media pembelajaran konvensional memiliki keterbatasan dalam menyajikan visualisasi dinamis proses biologis yang abstrak seperti sistem pernapasan manusia sehingga diperlukan pendekatan inovatif berbasis teknologi. Penelitian ini menguji efektivitas media pembelajaran BreathQuest-PjBL yang mengintegrasikan animasi interaktif 2D dengan project-based learning menggunakan desain randomized pretest-posttest control group pada 72 siswa SMA. Hasil uji-t independen menunjukkan perbedaan signifikan (p<0.05) antara kelompok eksperimen (73.67±7.82) dan kontrol (69.61±6.23) dengan effect size moderat (d=0.58). Peningkatan paling menonjol terlihat pada pemahaman pertukaran gas (kelompok eksperimen 75% berbanding kelompok kontrol 53%) dan aplikasi klinis (60% berbanding 45%). Analisis kualitatif mengungkap bahwa segmentasi animasi dan scaffolding proyek dalam BreathQuest berhasil mengoptimalkan beban kognitif, meskipun terdapat tantangan implementasi seperti kesenjangan literasi digital di antara siswa. Temuan ini mendukung penggunaan media interaktif berbasis PjBL untuk pembelajaran biologi kompleks dengan rekomendasi pengembangan pelatihan guru dan pertimbangan penggunaan strategi diferensiasi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Situmorang, R. P., Halawa, R., & Zega, Y. T. (2025). Integrasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Media Animasi Interaktif (BreathQuest-PjBL): Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Pernapasan Manusia pada Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 261–275. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.261-275