Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran konvensional memiliki keterbatasan dalam menyajikan visualisasi dinamis proses biologis yang abstrak seperti sistem pernapasan manusia sehingga diperlukan pendekatan inovatif berbasis teknologi. Penelitian ini menguji efektivitas media pembelajaran BreathQuest-PjBL yang mengintegrasikan animasi interaktif 2D dengan project-based learning menggunakan desain randomized pretest-posttest control group pada 72 siswa SMA. Hasil uji-t independen menunjukkan perbedaan signifikan (p<0.05) antara kelompok eksperimen (73.67±7.82) dan kontrol (69.61±6.23) dengan effect size moderat (d=0.58). Peningkatan paling menonjol terlihat pada pemahaman pertukaran gas (kelompok eksperimen 75% berbanding kelompok kontrol 53%) dan aplikasi klinis (60% berbanding 45%). Analisis kualitatif mengungkap bahwa segmentasi animasi dan scaffolding proyek dalam BreathQuest berhasil mengoptimalkan beban kognitif, meskipun terdapat tantangan implementasi seperti kesenjangan literasi digital di antara siswa. Temuan ini mendukung penggunaan media interaktif berbasis PjBL untuk pembelajaran biologi kompleks dengan rekomendasi pengembangan pelatihan guru dan pertimbangan penggunaan strategi diferensiasi pembelajaran.
Article Details
Copyright (c) 2025 Risya Pramana Situmorang, Refisman Halawa, Yakin Teguh Zega

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
