Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran modul interaktif digital berbasis PBL terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. metode penelitian menggunakan desain eksperimental pre-test post-test control group. Sampel penelitian sebanyak 80 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 40 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 40 peserta didik, kelas eksperimen akan diberikan pembelajaran modul interaktif berbasis PBL sedangkan kelas kontrol hanya dengan pembelajaran PBL saja. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Aceh Barat pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrumen tes yang digunakan adalah tes uraian keterampilan pemecahan masalah sebanyak 10 soal, penskoran data keterampilan pemecahan masalah berdasarkan panduan rubrik penilaian, dihitung rata-rata dan persentase kategori skor. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji independent sample t-test untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Hasil analisis diperoleh t hitung > t tabel (3,124 >1,990), bahwa penerapan modul interaktif digital berbasis PBL berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Article Details

How to Cite
Ulhaq, R., Syafrizal, Widarta, F. O., & Fathiya, N. (2025). Pengaruh Modul Interaktif Digital Berbasis Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 276–283. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.276-283