Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran modul interaktif digital berbasis PBL terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. metode penelitian menggunakan desain eksperimental pre-test post-test control group. Sampel penelitian sebanyak 80 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 40 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 40 peserta didik, kelas eksperimen akan diberikan pembelajaran modul interaktif berbasis PBL sedangkan kelas kontrol hanya dengan pembelajaran PBL saja. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Aceh Barat pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrumen tes yang digunakan adalah tes uraian keterampilan pemecahan masalah sebanyak 10 soal, penskoran data keterampilan pemecahan masalah berdasarkan panduan rubrik penilaian, dihitung rata-rata dan persentase kategori skor. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji independent sample t-test untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Hasil analisis diperoleh t hitung > t tabel (3,124 >1,990), bahwa penerapan modul interaktif digital berbasis PBL berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Article Details
Copyright (c) 2025 Riza Ulhaq, Syafrizal, Fajar Okta Widarta, Nir Fathiya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
