Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa di tiga SMA Negeri di Kabupaten Toraja Utara dengan mengacu pada lima indikator berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Ennis. Menggunakan pendekatan deskriptif cross-sectional, penelitian melibatkan 157 siswa dan mengumpulkan data melalui tes esai, wawancara, serta analisis dokumen. Validitas hasil dianalisis melalui uji Kruskal-Wallis, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam rata-rata keterampilan berpikir kritis antar sekolah (Sig. 0,000 < 0,05). Sebaliknya, perbedaan berdasarkan jenis kelamin tidak signifikan (Sig. 0,431 > 0,05). Seluruh data dianalisis secara sistematis dan disajikan dalam bentuk tabel serta visualisasi grafik untuk mempermudah interpretasi. Temuan ini menunjukkan bahwa perbedaan lingkungan sekolah berkontribusi terhadap variasi kemampuan berpikir kritis siswa, sementara faktor gender tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Penelitian ini menekankan pentingnya pengelolaan data yang terstruktur dalam mendukung analisis statistik yang sahih, serta memberikan implikasi praktis bagi pendidik dan pemangku kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang mendukung penguatan keterampilan berpikir kritis.

Article Details

How to Cite
Sura, S. A., Maftuha, M. R., Syahirah, S., & Solihat, R. (2025). Keterampilan Berpikir Kritis : Perencanaan, Implementasi, Pengolahan dan Pelaporan Data . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 284–297. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.284-297