Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren riset terkait pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) berbasis teknologi digital dalam pembelajaran biologi yang terindeks di Google Scholar selama periode 2020–2025. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan perangkat lunak Publish or Perish (PoP) dan VOSviewer. Data dikumpulkan dari Google Scholar menggunakan kata kunci "STEM berbasis teknologi digital" dan diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat. Dari 997 artikel yang ditemukan, 985 artikel berhasil diidentifikasi, dan 270 artikel dinyatakan layak untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan tren peningkatan jumlah publikasi secara signifikan, dengan puncak tertinggi pada tahun 2024. Visualisasi bibliometrik melalui VOSviewer menghasilkan pemetaan dalam bentuk jaringan, overlay, dan densitas yang mengelompokkan topik menjadi empat klaster utama, seperti pembelajaran abad 21, literasi digital, pandemi COVID-19, dan pendekatan STEM. Topik-topik seperti “sains”, “biologi”, dan “pembelajaran biologi” memiliki tingkat keterkaitan tinggi, sedangkan topik seperti “kajian pustaka sistematis” dan “keterampilan berpikir kreatif” muncul sebagai tren baru. Visualisasi densitas juga menunjukkan bahwa istilah “sains”, “teknologi”, dan “matematika” merupakan topik yang paling sering digunakan, sementara istilah seperti “pandemi” dan “meta-analisis” mulai jarang ditemukan. Studi ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai perkembangan riset STEM berbasis teknologi digital dalam pendidikan biologi, serta membantu peneliti dan praktisi pendidikan untuk mengidentifikasi arah dan celah riset masa depan.

Article Details

How to Cite
Nanda, A. S., Pratama, A. O. S., & Puspita, L. (2025). Analisis Bibliometric : STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Berbasis Teknologi Digital . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 298–310. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.298-310